Anis Matta: Perang Rusia Vs Ukraina, Gong Selamat Datang Tatanan Dunia Baru 

- Kamis, 3 Maret 2022 | 09:14 WIB
Anis Matta: Perang Rusia Vs Ukraina, Gong Selamat Datang Tatanan Dunia Baru 
Anis Matta: Perang Rusia Vs Ukraina, Gong Selamat Datang Tatanan Dunia Baru 

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta menilai konflik antara Rusia-Ukraina saat ini harus dipandang sebagai perang supremasi, bukan lagi sekedar proxy. Perang antarnegara adidaya antara Rusia dengan Amerika Serikat (AS) dan Eropa, sementara Ukraina menjadi korban (collateral damage). 

"Kalau negara adidaya yang berperang, maka tidak ada aturan lagi, tidak ada yang bisa mengatur mereka. PBB akan mengalami disfungsi, termasuk Dewan Keamanan PBB," kata Anis Matta PBB dalam Gelora Talk bertajuk 'Perang Rusia Vs Ukraina, Apa Dampaknya Pada Peta Geopolitik Dunia?', Rabu (2/3/2022) petang. 

Diskusi yang digelar secara daring ini, menghadirkan narasumber pakar hukum internasional Prof Hikmahanto Juwana, mantan Duta Besar Indonesia untuk Australia dan China Prof Imron Cotan, serta mantan Dubes Indonesia untuk Ukraina Prof Yuddy Chrisnandi. Diskusi ini juga dihadiri Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Harmianin. 

Baca Juga: Konflik Rusia-Ukraina Dongkrak Kenaikan Minyak Mentah Dunia, Harga BBM Pertamina Bakal Naik?

Karena itu, kata Anis Matta, perang ini akan mendekati titik ledak yang lebih besar. Hal ini yang perlu diantisipasi Indonesia, karena cepat atau lambat Indonesia bisa terseret dalam dampak perang ini. 

"Kenapa Partai Gelora ingin mendorong Indonesia sebagai kekuatan 5 besar dunia, supaya kita tidak menjadi korban (collateral damage)," katanya. 

Menurut Anis Matta, dunia saat ini akan menantikan tatanan dunia baru di tengah krisis berlarut, dimulai dari pandemi Covid-19 hingga perang Rusia Vs Ukraina, yang akan berujung pada konflik berlarut secara global. 

"Jadi kita sekarang sedang menantikan 'tatanan dunia baru', ini yang kita khawatirkan. Dan ini yang akan terjadi pemenanglah yang akan menentukan aturan. Inilah arah dunia yang sedang terjadi," ungkapnya. 

Pembentukan proses tatanan dunia baru ini, kata Anis Matta,  berbeda dengan tatanan dunia lama yang dibentuk oleh pemenang Perang Dunia II. Tapi, pembentukannya akan ditentukan oleh proses rasional masyarakat global, karena dunia semakin terintegrasi. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Prabowo Maju Pilpres 2024, Jokowi: Ya Silahkan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:11 WIB
X