Fadli Zon Respon Pemda Yogyakarta Terkait Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949

- Senin, 7 Maret 2022 | 09:12 WIB
Fadli Zon/Instagram (KickAndy Show)
Fadli Zon/Instagram (KickAndy Show)

HARIANHALUAN.COM - Politisi Gerindra, Fadli Zon merespon Pemerintah Daerah (Pemda) DIY Yogyakarta terkait sejarah peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949.

Bahwa Pemda DIY Yogyakarta menarasikan melalui akun resmi humasjogja bahwa Serangan Umum 1 Maret 1949 digagas Menteri Pertahanan Indonesia sekaligus Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Dan dipimpin langsung oleh Panglima Besar Jendral Soedirman, serta disetujui dan digerakkan oleh Presiden Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta.

Baca Juga: Mulut Pedas Fadli Zon di Medsos Kerap Tuai Polemik dan Kontroversi, Tayang di Kick Andy Show Hari Ini

Lantas, narasi yang diunggah tersebut direspon oleh Fadli Zon juga melalui akun media sosial pribadinya yang mengatakan narasi Pemda Yogyakarta keliru pasalnya menurut Fadli Zon, Menteri Pertahanan kala itu dirangkap Sjafroeddin Prawiranegara yang juga Ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

"Keliru @humas_jogja. Menteri Pertahanan ketika itu dirangkap Ketua Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) sbg Kepala Pemerintahan, Sjafroeddin Prawiranegara"

"Kabinet Hatta sudah berakhir dengan penangkapan Soekarno - Hatta- Sjahrir- H. Agus Salim. Dibentuklah Kabinet PDRI," tulis Fadli Zon dilansir Harianhaluan.com pada Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Rencana Debat Terbuka Fadli Zon dengan Menkopolhukam Disambut Antusias dan Dinantikan

Menurutnya, Soekarno-Hatta ditawan Belanda, dan tak ada peran dalam Serangan Umum 1 Maret 1949

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X