Pengamat Nilai Puan Masih Berjarak dengan Masyarakat 

- Selasa, 8 Maret 2022 | 21:15 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Puan Maharani telah berupaya untuk mendongkrak elektabilitasnya dengan memasang baliho di seluruh Indonesia dan rajin turun langsung ke masyarakat

Namun upaya Puan itu dinilai pengamat komunikasi politik M Jamiluddin Ritonga belum membuahkan hasil yang dibuktikan dengan elektabilitas putri Megawati Soekarnoputri itu hingga saat ini masih sangat rendah. 

"Rendahnya elektabilitas Puan tentu disebabkan banyak faktor," kata Jamil kepada media ini, Selasa (8/3/2022). 

Baca Juga: Ada Oknum Halangi Konversi Bank Nagari ke Syariah! Legislator Sumbar: Copot Saja Jika Gubernur Bernyali 

Pertama menurut Jamil, Puan sulit menyatu dengan masyarakat. Meskipun Puan sering menemui masyarakat, namun tetap berjarak. Ada gap penampilan Puan dengan masyarakat yang ditemuinya. 

"Akibatnya, masyarakat tidak terlalu respek kepada Puan. Masyarakat mempersepsi Puan bukanlah sosok yang dekat dengannya, termasuk dalam memperjuangkan aspirasinya," nilai Jamil. 

Kedua, kata Jamil, kemampuan Puan berkomunikasi dengan masyarakat sangat lemah. Puan terkesan dalam berkomunikasi belum berorientasi dengan masyarakat yang dituju. 

Baca Juga: Anggaran Sirkuit Formula E DKI Jakarta Naik 60M, PDIP: Enggak Beres!

"Dalam berkomunikasi, Puan kurang menunjukan empati. Akibatnya,  Puan kurang mendapat simpati dari masyarakat tang ditemuinya. Padahal, dalam komunikasi empati sangat diperlukan. Melalui empati, masyarakat dapat menilai ketulusan Puan dalam berkomunikasi," kata Jamil. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X