Survei: Kalahkan Gerindra dan PKS, Elektabilitas PDIP di Jawa Barat Tertinggi

- Jumat, 11 Maret 2022 | 14:31 WIB
DPP PDI Perjuangan Umumkan Nama Ketum dan Sekjen BMI Periode 2021-2024
DPP PDI Perjuangan Umumkan Nama Ketum dan Sekjen BMI Periode 2021-2024

Jakarta, HarianHaluan.com – Lembaga survei Indonesia Political Opinion merilis survei elektabilitas partai politik di Provinsi Jawa Barat.

Hasilnya, PDI Perjuangan mencatatkan elektabilitas tertinggi di Provinsi Jawa Barat dengan raihan 15, 7 persen.

Direktur Eksekutif IPO menjelaskan, hasil survei terbaru lembaganya bisa dibilang mengejutkan, mengingat PDIP berhasil mengalahkan dua partai unggulan di Jawa Barat pada Pemilu 2019 lalu, yaitu Gerindra dan PKS.

Apalagi beberapa saat lalu terdapat tensi yang agak memanas antara PDI Perjuangan dengan warga Jawa Barat buntut kasus dugaan ujaran kebencian yang diutarakan politikus PDIP Arteria Dahlan.

Baca Juga: Survei IPO: Dedi Mulyadi Politisi Paling Disukai Warga Jawa Barat

“Tidak banyak partai yang mampu menahan laju isu sensitif seperti ujaran kebencian, apalagi berkaitan dengan identitas kultural masyarakat. Tetapi PDIP berhasil menjadi partai mapan yang kuat, sekalipun dihadapkan pada persoalan besar" ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (10/3).

Terkait hal ini, Dedi menduga peningkatan ini terjadi karena bertambahnya pengetahuan publik atas kinerja Presiden yang mengemuka, terutama terkait pembangunan infrastruktur dan terus bergulirnya vaksinasi.

“Telaah kami, peningkatan ini terjadi karena bertambahnya pengetahuan publik atas kinerja Presiden yang mengemuka, terutama terkait pembangunan infrastruktur dan terus bergulirnya vaksinasi. Bukan tidak mungkin itu berdampak ke perolehan suara Parpol di Jawa Barat," jelasnya.

Selain itu, Dedi menduga ada peran Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono dibalik kenaikan suara partai yang signifikan ini.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X