Sultan: Wacana Penundaan Pemilu Berpotensi Pengaruhi Investor IKN

- Minggu, 13 Maret 2022 | 14:21 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin. Foto/Google.
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin. Foto/Google.

 

HALUAN HARIAN - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin, mengingatkan pemerintah bahwa konfrontasi dan dinamika politik nasional yang cenderung memanas hari-hari ini dapat mempengaruhi keputusan bisnis calon investor asing di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut disampaikan mantan Ketua HIPMI Bengkulu itu, usai mengamati wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden yang menuai aksi demo dari kelompok buruh dan civil society.

"Kami khawatir, eskalasi politik nasional akan terus memanas dan menyebabkan aksi demonstrasi dalam skala besar yang mengarah pada aksi people power jika wacana politik ini terus dipaksakan oleh elit politik nasional. Dan setiap dinamika politik tentu akan mempengaruhi iklim investasi di dalam negeri," terang Sultan melalui keterangannya, Ahad (13/3/2022).

Baca Juga: Minta Pembangunan IKN Transparan, LaNyalla: Jangan Ada Praktik Bagi-bagi Kavling Tanah

Menurutnya, calon investor terutama investor asing akan sangat berhati-hati dan selektif dalam melakukan keputusan bisnisnya. Terutama saat  suasana sosial politik di suatu negara sedang tidak kondusif. Stabilitas nasional merupakan prasyarat yang harus diperhatikan oleh pemerintah jika ingin menarik lebih banyak investor asing.

"Saat ini kita sudah mendapati fakta bahwa terjadi arus keluar dana asing dari dalam negeri (capital outflow) dalam jumlah yang signifikan dan pembatalan investasi Softbank di IKN. Ini adalah alarm bagi pemerintah untuk tidak ceroboh dalam memulai konfrontasi politik nasional dengan wacana politik yang ditentang oleh masyarakat," tegas Sultan.

Dalam posisi IKN yang belum jelas asal-usul sumber pembiayaannya, kata Sultan, pemerintah sebaiknya lebih mawas diri dan tidak tergoda untuk merusak mood calon investor dengan wacana penundaan pemilu.

Baca Juga: Instruksi Jokowi Usai Melantik 2 Pimpinan Otorita IKN Nusantara

"Kita ingin pemerintah fokus dan pada agenda pembangunan IKN tanpa harus risau dengan masa depan kepemimpinan politik nasional," katanya.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X