Hasil Survei: Anies Baswedan Punya Kans Kuasai Sumbar Jika Mencalonkan Diri Jadi Presiden

- Rabu, 16 Maret 2022 | 15:48 WIB

HARIAN HALUAN - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap punya kans dan layak untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 oleh warga Sumatera Barat.

Hal itu terlihat dalam rilis survei peta elektoral Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Provinsi Sumbar yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (13/3) kepada media.

Hasil survei lembaga yang memiliki tagline “akurat, terpercaya, berpengaruh” itu menyimpulkan, dari simulasi enam nama tertutup Calon Presiden (Capres), Anies Baswedan menjadi no 2 yang paling banyak dipilih masyarakat Sumbar, mencapai 34%. Gubernur DKI Jakarta ini mendapatkan suara kedua terbanyak setelah Prabowo Subianto.

Selanjutnya disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno 6,5%, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 5.1%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 1,7%, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian/Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 0,1%. Yang belum menjawab mencapai 10.9%.

“Dari simulasi empat nama tertutup, Anies Baswedan 31,1% tetap paling banyak dipilih kedua dengan mencapai 31,1% setelah Prabowo Subianto. Menyusul dibelakang Anies Sandiaga Uno 8,9% dan Ganjar Pranowo 6,5%.

Survei ini digelar 24 Februari sampai 3 Maret 2022. Populasi survei seluruh WNI di Sumbar yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan PhD menyebutkan,, sampel sebanyak 820 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) ± 3.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar yang terdistribusi secara proporsional.

Seperti yang sudah diketahui beberapa waktu yang lalu deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan di Pilpres 2024 muncul dari warga Sumatera Barat.

Orang Sumatera Barat yang menamai diri mereka sebagai Urang Awak menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan maju sebagai presiden di Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

X