PPP Bergabung Tolak Amandemen, Rocky Gerung: Sebenarnya Kapasitas Presiden Sudah Habis

- Rabu, 23 Maret 2022 | 15:14 WIB
Rocky Gerung.
Rocky Gerung.

HARIAN HALUAN - Wakil Ketua Umum DPP PPP Arsul Sani mengatakan partainya sepakat dengan pendapat Fraksi PDIP dan Fraksi Partai Nasdem. Arsul menyatakan PPP menilai amandemen tak perlu dipaksakan saat ini.

Partai NasDem menyatakan sangat setuju dengan sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusulkan penundaan rencana amandemen konstitusi untuk menghidupkan pokok-pokok haluan negara (PPHN) sampai akhir periode 2024.

"Dari awal keinginan melakukan amendemen UUD RI Tahun 1945 ada pada PDI Perjuangan. Jika partai tersebut sebagai inisiator berpendapat tidak meneruskan inisiasinya, PPP bisa menerima sikap politik PDI Perjuangan," kata Arsul di Jakarta, Selasa, 22 Maret 2022.

Dengan pernyataan sikap yang dilakkukan oleh PPP ini, terhitung sudah 3 partai yang menyatakan diri untuk menarik dari dari penundaan rencana amandemen konstitusi untuk menghidupkan pokok-pokok haluan negara (PPHN) sampai akhir periode 2024.

Sebelumnya, Fraksi PDIP menyatakan sikap serupa, hal ini ditegaskan oleh Wakil Ketua MPR RI dari Ahmad Basarah dengan menyatakan bahwa mereka mencabut dukungan untuk amandemen.

PDIP mengkhawatirkan amandemen yang awalnya hanya ingin memasukkan PPHN menjadi pintu masuk bagi kelompok tertentu yang memiliki agenda untuk mengubah pasal soal pembatasan masa jabatan Presiden Jokowi dan perpanjangan masa pemilu.

Langkah PDIP lantas diikuti oleh Fraksi Partai Nasional Demokrat. Ketua Fraksi Nasdem MPR RI Taufik Basari mengatakan bahwa fraksinya memang tak pernah mendukung amandemen konstitusi. Karena itu, Nasdem menilai sikap PDIP selaras dengan mereka .

"Hal ini sejalan dengan sikap Nasdem yang sejak awal mengusulkan agar usulan amendemen ini dikaji ulang dan tidak dipaksakan untuk dilaksanakan saat ini," kata Taufik.

Pengamat politik sekaligus Analis senior Rocky Gerung memberikan pendapatnya saat ditanyai oleh Jurnalis Hersubeno Arief mengenai sikap menarik diri yang diambil oleh ketiga partai besar pendukung pemerintah itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

X