Jamiluddin Ritonga: Gertakan Cak Imin Ke PAN Salah Sasaran

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 07:55 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar

HARIAN HALUAN - Pengamat komunikasi politik M Jamaluddin Ritonga menilai pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) kepada Partai PAN untuk tidak mengganggu kursi menteri dari partainya adalah gertakan salah sasaran.

"Gertakan itu tidak seharusnya ditujukan kepada PAN. Sebab, PAN bukan penentu tergesernya seseorang dari menteri," kata Jamil kepada Harian Haluan pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Seharusnya kata Jamil, gertakan Cak Imin ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, soal kursi menteri merupakan hak prerogatif presiden.

 Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Aksi Giring Ganesha Bersarung di IKN Sebagai Gimmick PSI

Kalau pun seandainya salah satu menteri dari PKB direshuffle dan digantikan oleh kader PAN, itu sepenuhnya hak prerogatif presiden. Cak Imin kalau mau membuat perhitungan ya tujukan saja kepada Presiden Jokowi.

"Jadi, gertakan Cak Imin ke PAN itu sangat tidak proporsional. Tak sepantasnya hal itu terucap dari Cak Imin. Sungguh memalukan," tegas mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta itu.

Sebelumnya diketahui Cak Imin melontarkan pernyataan menanggapi isu reshuffle kabinet yang berhembus dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Politisi Demokrat Kritik Vaksin Booster Sebagai Syarat Mudik: Lebih Baik Dibatalkan! 

Dalam pernyataannya itu, ia menyatakan mempersilakan PAN untuk masuk dalam kabinet, namun meminta untuk tidak mengganggu PKB.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

X