Jamiluddin Ritonga: Anies Baswedan dan Puan Maharani Layak Diduetkan Jika Tiga Faktor Ini Bisa Diatasi

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 08:34 WIB

HARIAN HALUAN - Puan Maharani memberi peluang untuk berpasangan dengan Anies Baswedan pada pemilihan presiden (Pilpres) pada Pemilu 2024.

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menilai kemungkinan untuk menduetkan Puan Maharani dengan Anies Baswedan itu bisa saja, tetapi begitu serta merta saja.

"Jika ingin menduetkan Puan dengan Anies, ada beberapa faktor yang harus ditempuh," kata Jamil kepada Harian Haluan pada Jumat, 25 Maret 2022.

Baca Juga: Puan Maharani Berpotensi jadi Capres Pilpres 2024, Tak Masalah Berduet dengan Anies Baswedan

Pertama, Puan Maharani akan diusung oleh PDIP yang tanpa berkoalisi dapat mengusung sendiri pasangan presiden. Karena itu, Puan dapat bebas memilih pasangannya pada Pilpres 2024.

"Anies tentu layak berpasangan dengan Puan karena popularitas dan elektabilitasnya tinggi. Magnet Anies tentu dapat mendongkrak elektabilitas Puan bila mereka dipasangkan," kata Jamil.

Kedua, pendukung Anies Baswedan dan Puan Maharani dari segmen yang berbeda. Anies Baswedan cenderung didukung kalangan Islam dan yang berpendidikan menengah atas. Sementara Puan Maharani mendapat sokongan dari kelompok nasionalis.

Baca Juga: Kemungkinan Duet Puan dan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Ini Kata Politikus PDIP

"Jika pendukung Anies dan Puan dapat saling mengisi sehingga menjadi kekuatan. Tentu hal itu dapat terjadi bila Anies dan Puan dapat merukunkan para pendukungnya. Sebab, selama ini pendukung Anies dan Puan seperti minyak dan air yang sulit disatukan," jelas Jamil.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X