Tegas, Pimpinan DPR-RI Sebut Pemecatan dr.Terawan oleh IDI Tidak Sah!

- Senin, 28 Maret 2022 | 13:43 WIB
dr. Terawan/ foto: kemenkes
dr. Terawan/ foto: kemenkes

Jakarta, HarianHaluan.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa pemecatan dr. Terawan Agus Putranto yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tidak sah.

Menurut Dasco, sikap Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) yang memecat dr.Terawan tidak sah sekaligus berbahaya bagi dunia kedokteran.

"Saya sudah pelajari dengan seksama soal pemecatan ini. Setelah saya pelajari bisa kami nyatakan pemecatan ini tidak sah," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Lebih lanjut, Dasco menilai bahwa sikap MKEK tersebut masih berbentuk rekomendasi.

"Kedua, hasil rekomendasi itu harus dieksekusi oleh PB IDI. Sementara pengurus lama sudah demisioner, yang baru belum dilantik. Lalu itu kemudian dibacakan di forum muktamar oleh perangkat yang tidak jelas sehingga menimbulkan kegaduhan," kata Dasco.

Baca Juga: IDI Dihujani Kritik Usai Pecat Mantan Menkes Dokter Terawan Secara Permanen

Untuk selanjutnya, Dasco meminta Menkes untuk turun tangan menengahi polemik antara dr.Terawan dan IDI.

"Saya yakin dan percaya Menkes dapat memfasilitasi ini kepada pengurus PB IDI yang baru. Karena saya lihat juga pengurus PB IDI yang baru itu kemungkinan bisa mengakomodir atau kemudian bisa melakukan komunikasi dengan baik yang kemudian bisa difasilitasi menteri kesehatan," kata Dasco.

Dasco bahkan meminta aparat kepolisian ikut turun tangan dalam polemik pemecatan Terawan. Ia meminta aparat kepolisian turun tangan menangkap oknum IDI yang membuat gaduh hal ini.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Terkini

X