Terungkap! APDESI yang Dihadiri Presiden Jokowi Tidak Berbadan Hukum, Kubu yang Sah Buka Suara

- Kamis, 31 Maret 2022 | 19:00 WIB

HARIAN HALUAN - Munculnya dukungan 3 periode untuk Presiden Jokowi oleh APDESI memicu polemik. Kini muncul kelompok APDESI lain yang mengaku memiliki SK sah dari Kementerian Hukum dan HAM.

Melalui dokumen resmi yang tertulis Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia itu bernomer AHU.0072972- AH.01.07 TAHUN 2016 dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-0001295-AH.01.08 Tahun 2021 tentang Perubahan Perkumpulan Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dengan Ketua Umum atas nama Arifin Abdul Majid dan Sekretaris Jenderal atas nama Muksalmina.

Hal ini jelas berbeda dengan kelompok APDESI yang muncul di Istora Senayan Jakarta kemarin yang diketuai oleh Surtawijaya.

Baca Juga: Bahlil Sebut Penundaan Pemilu Baik Untuk Investasi

Oleh karenanya, Sekretaris Jenderal APDESI Muksalmina dari kelompok Abdul Arifin, mengutuk keras pengunaan nama organisasnya yang dilakukan oleh kelompok yang tidak bertanggungjawab tersebut.

"Kami pertanyakan kepada pemerintah mengapa nama Ormas APDESI yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM masih boleh digunakan oleh orang yang tidak berhak? sangat kami sayangkan," sesal Muksalmina saat dihubungi pers Kamis, 31 Maret 2022.

Ia juga menyesalkan nama APDESI digunakan untuk menjadi alat dukungan Jokowi tiga periode.

Baca Juga: Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode, PDIP: Berpotensi Melanggar Konstitusi

Selanjutnya, Arifin meminta kepada Polri untuk bisa mengungkap aktor intelektual dari penggiringan isu seolah-olah APDESI mendukung perpanjangan masa jabatan presiden.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

Prabowo Maju Pilpres 2024, Jokowi: Ya Silahkan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:11 WIB
X