PKS Gugat Ambang Batas Pencalonan Capres 20 Persen ke MK

- Kamis, 31 Maret 2022 | 21:19 WIB
Partai Keadilan Sejahtera
Partai Keadilan Sejahtera

Jakarta, HarianHaluan.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) direncanakan akan mengajukan gugatan Judicial Review (JR) terkait Presidential Threshold atau ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen ke Mahkamah Konstitusi.

Hal ini diungkap langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

"PKS sebagai partai politik juga memiliki legal standing yang pas sebagai pihak yang memiliki kewenangan untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Kamis (31/3/2022).

Lebih lanjut, Syaikhu menilai pihaknya ingin menguji berapa angka ambang batas pencalonan presiden yang ideal bagi proses demokrasi di Indonesia.

"Kita ingin uji sebenarnya berapa angka yang wajar dan layak bagi kehidupan demokrasi di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Yusril Ihza Mahendera dan La Nyalla Mattaliti Kompak Gugat Ambang Batas Pencalonan Presiden

Syaikhu menilai angka ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen berpotensi menimbulkan polarisasi yang kuat di tengah masyarakat.

"Kita ingin mengurangi potensi konflik di tengah masyarakat dengan tidak terjadinya pembelahan akibat hanya adanya dua pasang calon misalnya," Tutup Syaikhu

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dan Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattaliti juga melayangkan gugatan terhadap presidential threshold atau syarat ambang batas pencalonan presiden dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X