Harga Komoditas Naik Jelang Ramadhan, Anggota DPR RI: Pemerintah Tak Mampu Perbaiki Mekanisme Pasar 

- Sabtu, 2 April 2022 | 19:02 WIB
Ilustrasi bahan pokok (instagram @syasinlimpo)
Ilustrasi bahan pokok (instagram @syasinlimpo)

HARIANHALUAN.COM - Hampir semua harga komoditas mengalami kenaikan menjelang Ramadan, seperti minyak goreng, gula, pulsa, BBM, gas dan tarif tol

Menurut anggota Komisi IV DPR RI Johan hal ini terjadi karena tata kelola pasar digerakkan oleh paradigma pasar bebas atau liberalisme.

Padahal konstitusi secara tegas menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.  

Baca Juga: Mendag Jamin Tak Ada Kelangkaan Stok Bahan Pokok di Bulan Ramadan

“Adanya fluktuasi harga yang tidak terkendali ini akibat bentuk pasar di Indonesia cenderung oligopoli bahkan monopoli. Kita menyaksikan pemerintah tidak mampu memperbaiki mekanisme pasar sehingga harus tunduk pada kekuatan pasar"

"Inilah yang saya sebut pemerintah telah melanggar konstitusi karena kebijakannya tidak mampu melindungi kepentingan rakyat malah kalah dengan kepentingan pasar,” kata Johan dalam keterangan, Sabtu (2/4/2022). 

Dipaparkan, sesuai Pasal 33 ayat 3 UUD Tahun 1945 yang memberi mandat pada pemerintah bahwa penggunaan semua sumberdaya di negara Indonesia harus digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Baca Juga: Fakta Nuklir Dibalik Ancaman Putin dan Analisa Kekuatan AS, NATO Hingga China

“Berdasarkan konstitusi ini jelas pemerintah telah melakukan pelanggaran karena dari sisi kebijakan tidak berorientasi untuk melindungi dan memenuhi kebutuhan rakyat, contoh kebijakan CPO yang lebih diprioritaskan untuk ekspor padahal rakyat lebih membutuhkan sehingga muncullah fenomena kelangkaan minyak goreng dan harga yang tergantung pasar,” tukasnya. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prabowo Maju Pilpres 2024, Jokowi: Ya Silahkan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:11 WIB
X