Survei: Kalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Prabowo Capres dengan Elektabilitas Tertinggi

- Senin, 4 April 2022 | 11:59 WIB
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Jakarta, HarianHaluan.com – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas capres terbaru.

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi mengalahkan kandidat capres lainnya.

“Berdasarkan simulasi 33 nama ini, memang tidak ada calon yang dominan. Bahkan pak Prabowo yang unggul, unggulnya tidak signifikan dibanding Ganjar Pranowo," ujar Direktur Eksektuf Indikator Politik Indonesia Burhanudin Minggu (3/4).

Namun, Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanudin Muhtadi memaparkan meski Prabowo memiliki elektabilitas tertinggi saat ini akan tetapi secara angka elektabilitasnya tak berbeda jauh dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di posisi kedua.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Ganjar Menang Telak di Jawa Timur dan Lampung, Prabowo kuasai Jawa Barat

Burhanudin mengungkap Prabowo menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi dengan angka 21,8 persen disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di urutan kedua capres Elektabilitasnya mencapai 19,8 persen.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan ketiga dengan elektabilitas 16,4 persen.

Lanjut di posisi keempat terdapat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 5,4 persen. Kemudian menyusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 5,3 persen.

Survei ini sendiri dilakukan sepanjang 11-21 Februari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden lewat metode multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X