Tunjuk Emil Dardak Sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim, Kader Sebut AHY Tak Demokratis

- Senin, 4 April 2022 | 12:21 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Jakarta, HarianHaluan.com – Sejumlah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat di Provinsi Jawa Timur mengaku kecewa dengan sikap Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menunjuk Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jawa Timur.

Ungkapan kekecewaan ini diantaranya diungkap oleh Ketua DPC Demokrat Madiun Istiono. Ia mengaku menyesalkan keputusan DPP yang menunjuk Emil Dardak sebagai Ketua DPD Jawa Timur dalam Musda.

“Saya kira tidak perlu Musda kalau ujungnya ditentukan elite partai. Demokrat yang selama ini menyuarakan pentingnya kepemimpinan yang demokratis di era reformasi ini, akhirnya tenggelam dengan keputusannya sendiri dalam menentukan ketua di Jatim," kata Istono di Surabaya, Sabtu (2/4)

Lebih lanjut, Ia menilai Bayu Airlangga yang telah didukung oleh mayoritas DPC Jawa Timur untuk menjadi Ketua DPD Demokrat Jatim lebih layak menduduki kursi tersebut.

Baca Juga: AHY Sebut Peluang Koalisi Demokrat dan Nasdem Terbuka, Siapa Capresnya?

Istiono lantas meminta kepada AHY untuk memberikan penjelasan kepada sejumlah DPC tersebut terkait penunjukan Emil Dardak.

“Ketum AHY harus menjelaskan kepada kami 25 DPC pendukung Bayu, di mana titik kekurangan Bayu dalam membangun jaringan membesarkan Demokrat Jatim? Benarkah loyalitas Bayu terhadap Ketum dan Demokrat ini diragukan," tegasnya.

Hal senada diungkap oleh Ketua DPC Demokrat Malang Ghufron Marzuki. Ghufron mengaku menyayangkan keputusan Musda yang dianggap tidak demokratis.

"Nyatanya di internal sendiri tidak bisa demokratis bagus. Nanti apa yang bisa kita jual, tunjukkan ke masyarakat. Sebuah partai berkeadilan, menjunjung demokratis tapi diajari seperti ini," ujarnya.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X