Pimpinan Komisi II DPR-RI Minta Mendagri Tito Karnavian Beri Sanksi Apdesi Pendukung Jokowi 3 Periode

- Rabu, 6 April 2022 | 11:39 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Foto: Humas Setkab/Agung)
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Foto: Humas Setkab/Agung)

Jakarta, HarianHaluan.com – Komisi II DPR-RI meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan sanksi kepada Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang secara terang-terangan mendukung Presiden Jokowi untuk menjabat selama tiga periode.

Hal ini diungkap oleh Wakil Ketua DPR-RI Luqman Hakim dalam rapat kerja antara Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri.

"Dengan kewenangan ini saya berharap Kementerian Dalam Negeri menegakkan aturan dengan mendorong kepala-kepala daerah memberikan sanksi kepada kepala atau perangkat desa yang kemarin ikut Silatnas di Istora dan menyatakan dukungan pada Pak Jokowi untuk tiga periode," ujar Lukman.

Luqman menilai para perangkat desa yang tergabung dalam Apdesi tersebut melakukan kegiatan politik praktis yang melanggar UU terkait.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Nilai Deklarasi Jokowi 3 Periode oleh Apdesi Tak Langgar UU

"Kegiatan politik praktis oleh kepala dan perangkat desa itu dilarang oleh UU. Kedua, [pernyataan] itu nabrak konstitusi, karena konstitusi kita mengatur hanya maksimum seseorang boleh jadi presiden dua periode," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Mendagri Tito Karnavian yang hadir dalam rapat tersebut mengaku dirinya tak bisa memberikan larangan kepada para kepala desa yang melakukan deklarasi tersebut. Ia menyinggung bahwa para kepala desa tersebut bukanlah ASN.

"Enggak ada larangan mereka di situ. Kecuali mereka ASN. ASN berpolitik, deklarasi enggak boleh memang, [karena] UU ASN ada. Kalau saya memberikan statement kepala desa tidak boleh deklarasi, mereka menjawab dasarnya itu apa? Saya malah melanggar hukum. Kecuali UU-nya tegas jelas," sambung Tito.

Lebih lanjut, mantan Kapolri itu menjelaskan larangan yang bisa diberikan kepada kepala desa hanya larangan untuk menjadi pengurus politik.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prabowo Maju Pilpres 2024, Jokowi: Ya Silahkan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:11 WIB
X