Survei Elektabilitas Elit Partai: Prabowo Menang Telak, Elit PKS dan PPP Terendah Berikut Daftar Lengkapnya

- Kamis, 7 April 2022 | 15:47 WIB
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto

Jakarta, HarianHaluan.com – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait elektabilitas 10 nama pemimpin atau elite partai politik.

Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meraih elektabilitas tertinggi dengan raihan 42,2 persen. Disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi kedua dengan raihan 12,5% lalu disusul Ketum PKB Muhaimin Iskandar dengan raihan 6,2%.

"Kita membuat simulasi tertutup yang berisi 10 nama pemimpin partai. Dalam simulasi ini, Prabowo mendapat dukungan terbanyak, 42,2 persen. Disusul AHY 12,5 persen, lalu Muhaimin 6,2 persen. Surya Paloh mendapat 4,6 persen dan Puan 3,9 persen," 

Dalam kesempatan yang sama, Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga merilis daftar survei terbaru terkait elektabilitas kandidat calon presiden dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Pranowo Kandidat Capres Terkuat

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi mengalahkan kandidat capres lainnya.

Dalam survei kali ini, Ganjar meraih elektabilitas sebesar 18,1% persen unggul tipis atas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan raihan elektabilitas sebesar 17,6%.

Disusul dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 14,4% disusul Ridwan Kamil dengan elektabilitas 3.9% dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan raihan 3.5%.

"Dalam simulasi semi terbuka, yang dipilih sebagai presiden, kita menemukan Ganjar mendapat dukungan 18,1%, ini seimbang dengan Prabowo 17,6%. Kemudian ada Anies 14,4%, Ridwan Kamil 3,9%. Ada juga Ibu Megawati 3,5%, dan Ahok 3,0%," ujar Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin, Kamis (7/4/2022).

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X