Hasil Survei: Inilah Tiga Poros yang Diperkirakan Akan Bertarung di Pemilu 2024 Nanti

- Minggu, 24 April 2022 | 09:24 WIB
ilustrasi
ilustrasi

HARIAN HALUAN - Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali mengeluarkan hasil survei terbaru mereka mengenai Pemilu 2024.

Hasil survei tersebut diumumkan oleh Saiful Mujani yang sekaligus pendiri dari lembaga survei SMRC itu sendiri.

Menurut Saiful Mujani hasil survei memperlihatkan akan adanya tiga poros yang akan bertarung dalam Pilpres 2024 nanti.

Poros pertama akan datang dari kubu partai pemenang Pemilu sebelumnya yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menurut Mujani PDIP yang akan memimpin koalisi salah satu poros.

Hal ini bukan tanpa sebab, diketahui bersama pada saat Pemilu yang lalu Partai PDIP berhasil menjadi partai dengan lumbung suara terbanyak.

"Poros pertama, PDIP sebagai lead-nya, dia bisa mengambil siapa saja. Mungkin saja PPP biar suasana Islamnya bisa masuk, atau PAN begitu," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dikutip dari channel YouTube SMRC pada Sabtu, 23 April 2022.

Sedangkan Poros kedua akan dipegang oleh Partai Gerindra Pimpinan Prabowo Subianto. Saiful Mujani pun menjelaskan hal itu terjadi karena suara yang dimiliki oleh partai Gerindra tidak mencukupi untuk memenuhi ambang batas dari pencapresan atau yang biasa dikenal dengan istilah Presidential Threshold dan membutuhkan satu partai lagi untuk memenuhi itu.

Hal itulah kenapa menurut Saiful Mujani Partai dari Prabowo Subianto itu membutuhkan tambahan suara dari partai lainnya, untuk mencapai hal tesebut Gerindra membutuhkan partai lain sebagai tambahan suara.

"Gerindra itu, dia butuh 1 partai lagi dan PKB cukup. Misalnya Prabowo dengan Cak Imin (Ketua Umum PKB) mungkin saja," katanya.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

X