Hadapi Pilpres 2024, Cak Imin Nyatakan PKB Siap Berkoalisi dengan Kubu Manapun

- Minggu, 24 April 2022 | 20:36 WIB

HARIAN HALUAN - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menyampaikan perkembangan terbaru dari komunikasi internal terkait dengan pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Ia menyebut, partainya siap berkoalisi dengan siapa saja untuk kontestasi mendatang.

"Kalau PKB masih bisa berkoalisi dengan siapa pun, koalisi di mana pun bisa," kata pria yang akrab disapa Cak Imin pada Sabtu, 23 April 2022.

Kendati demikian, komunikasi antara PKB dan partai politik lain disebut Cak Imin belum membicarakan ihwal calon presiden dan wakil presiden untuk 2024.

Namun, ia memastikan bahwa PKB akan berkoalisi dengan partai yang memiliki cita-cita yang sama.

"Belum ada satupun partai yang bicara presiden dan wapres, apalagi PKB. Semua partai sama saja, yang penting cita-citanya sama," ujar Muhaimin.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai, Pilpres 2024 akan diikuti tiga koalisi. Partainya pun akan berupaya memimpin salah satu poros tersebut.

Wakil ketua DPR RI itu juga menyatakan dengan tegas jika Partai PKB menempatkan posisinya sebagai partai tengah. Bisa disebut sebagai religius-nasionalis, maupun nasionalis-religius.

Sehingga, PKB sangat mudah untuk masuk ke dalam gabungan parpol manapun. Cak Imin pun berkelakar, partainya memiliki keyakinan bahwa koalisi yang di dalamnya terdapat PKB maka peluang kemenangan itu sangat besar.

"Kalau di daerah saya sering bilang, biasanya yang sama PKB itu sering menang, gitu aja," kelakarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Irfan

Tags

Terkini

X