Golkar-PAN-PPP Bentuk Koalisi Bertiga Bersatu, Begini Respon Demokrat

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:32 WIB
Dalam kunjungan Safari Gerilya Nusantara, AHY tegaskan Partai Demokrat akan bangun koalisi dengan partai lain menuju pilpres 2024. (Abhiseka)
Dalam kunjungan Safari Gerilya Nusantara, AHY tegaskan Partai Demokrat akan bangun koalisi dengan partai lain menuju pilpres 2024. (Abhiseka)

HARIANHALUAN - DPP Partai Demokrat menghargai pembentukan koalisi “Bertiga-Bersatu” yang digalang Golkar bersama PAN dan PPP di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis, 12 Mei 2022.

Sekalipun beberapa waktu sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mesra dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Golkar, PPP, dan PAN Bersatu Perangi Politik Identitas

Partai Demokrat menilai pembentukan koalisi itu selaras dengan salah satu tujuan mereka, yaitu untuk menghilangkan polarisasi pada Pemilu 2024. Demokrat tidak ingin hanya ada dua poros koalisi sebagaimana terjadi pada Pilpres 2019 lalu.

“Kami menghargai dan menghormati kesepahaman yang terbangun antara Partai Golkar, PPP dan PAN. Kami memiliki kesamaan pandangan dan komitmen untuk menghindari pembelahan pada 2024 nanti agar tak hanya terbentuk dua poros,” kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani dikutip dari RMOL.id, Jumat, 13 Mei 2022.

Baca Juga: Rocky Gerung Sorot Isu Airlangga Hartarto: Akan Terjadi Pembelahan di Golkar

“Ini selalu ditegaskan Mas Ketum AHY pada berbagai kesempatan,” imbuhnya.

Meski begitu, Kamhar menyatakan pihaknya masih mempertimbangkan untuk bergabung dengan koalisi Bersatu-Bertiga tersebut. Termasuk memungkinkan untuk Partai Demokrat justru akan membentuk poros koalisi baru pada Pemilu 2024.

“Tentu mesti ada penjajakan dan pembicaraan lebih lanjut untuk sampai pada keputusan ikut bergabung atau membentuk poros baru,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rmol.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X