Survei: Elektabilitas Ganjar Naik, Prabowo dan Anies Turun

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:57 WIB
Prabowo, Anies dan Ganjar tetap 3 teratas dengan margin yang sangat jauh di bandingkan yang lain (dok, galamedia.pikiranrakyat.com)
Prabowo, Anies dan Ganjar tetap 3 teratas dengan margin yang sangat jauh di bandingkan yang lain (dok, galamedia.pikiranrakyat.com)

HARIANHALUAN - Nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan masih berada dalam top 3 kandidat capres potensial di Pilpres 2024.

Berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru, elektabilitas Prabowo berada di peringkat teratas dengan 25,3%, Ganjar berada di posisi kedua dengan 22%, dan Anies 12,6%.

Meskipun, tren elektabilitas Ganjar naik sementara tren elektabilitas Prabowo dan Anies turun.

Baca Juga: Survei: Prabowo Subianto Capres Paling Dikenal Publik, Anies Baswedan Kedua

Seperti dikutip dari Kumparan.com, Rabu, 22 Juni 2022, hal menarik dari elektabilitas ketiga tokoh itu adalah konsentrasi suara pemilih atau simpatisan partai. Litbang Kompas menilai meski partai sedang sibuk dengan penjajakan capres, namun masing-masing simpatisan telah mempunyai pilihan sendiri.

Dari tiga nama tersebut, simpatisan PKB, PDIP, dan NasDem cenderung lebih banyak memilih Ganjar. Distribusinya adalah 41,5% PKB, 59,5% PDIP, dan 36,7% NasDem.

Sementara simpatisan Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat cenderung memilih Prabowo. Distribusinya Gerindra 69,3%, Golkar 38,7%, PAN 52,3%, dan Demokrat 39,3%.

Baca Juga: Survei SPIN: Prabowo Subianto Unggul sebagai Capres untuk Generasi Muda, Anies-Ganjar Dimana?

Lebih lanjut, pemilih PKS dan PPP cenderung memilih Anies dengan distribusi PKS 53,1% dan PPP 33,3%.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X