Survei CSIS: Ganjar Makin Perkasa, Prabowo dan Anies Menguntit, Puan Tertinggal Jauh

- Senin, 26 September 2022 | 12:45 WIB
Kolase foto Prabowo,Ganjar, Anies, dan Puan Maharani
Kolase foto Prabowo,Ganjar, Anies, dan Puan Maharani

HARIAN HALUAN - Lembaga survei CSIS Indonesia merilis hasil sigi terbarunya terkait elektabilitas figur calon presiden jelang Pilpres 2024. Hasilnya nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih unggul di berbagai tingkat simulasi.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, menjelaskan, dalam survei pihaknya melakukan simulasi 14 nama figur, 7 nama figur dan 3 nama figur capres untuk diukur elektoralnya.

Baca Juga: Survei Voxpopuli: Puan dan Anies Unggul di Simulasi Capres-Cawapres

Pertama pada simulasi 14 nama figur, Ganjar Pranowo masih berada di urutan teratas dengan angka 25,9 persen. Di susul Prabowo Subianto dengan 19,2 persen dan juga Anies Baswedan 18,1 persen.

"25,9 persen saat survei dilakukan ketika simulasi 14 nama pak Ganjar Pranowo, pak Prabowo dan pak Anies masih dalam rentang margin of erorr ya karena survei kami margin of erorr-nya 2,8 persen," kata Arya dilansir dari Suara.com, Senin, 26 September 2022.

Adapun nama lainnya dalam simulasi 14 nama ini elektabilitasnya masih di bawah angka 5 persen.

Baca Juga: Survei: Prabowo, Ganjar dan Anies Masih Kuasai Papan Atas Capres 2024

Sementara itu, dalam simulasi 7 nama figur, Arya mengatakan, terjadi perubahan angka, karena adanya perpindahan suara. Dalam simulasi ini Ganjar masih dalam urutan teratas.

"Saat dilakukan simulasi 7 nama itu pak Ganjar saat survei dilakukan responden memilih 26,9 persen, kemudian pak Prabowo 20,1 persen, pak Anies 19,9 persen. Pak Prabowo, pak Anies masih dalam rentang margin of erorr," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat Cinta Untuk Anies dan Partai NasDem

Minggu, 27 November 2022 | 14:33 WIB
X