Ibadah Umrah Dibuka, Anggota Komisi VIII DPR-RI: Segera Persiapkan Persyaratannya

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 15:23 WIB
Anggota Komisi VIII DPR-RI Lisda
Anggota Komisi VIII DPR-RI Lisda

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi menyebutkan bahwa Arab Saudi diinformasikan bakal membuka penyelenggaraan ibadah umrah 1443 H. Informasi itu menyebutkan bahwa Arab Saudi akan mengizinkan jemaah umrah dari luar negaranya mulai 10 Agustus 2021.

Menanggapi hal tersebut, Lisda Hendrajoni, anggota Komisi VIII DPR-RI yang juga membidangi penyelenggaraan Haji dan Umroh, mendesak segala pihak agar segera mempersiapkan segala persyaratan yang diminta oleh pihak Arab Saudi.

Baca Juga: Harap Bersabar, Umrah Indonesia Tunggu Pemulihan Covid-19

“Ini kabar gembira bagi umat muslim di Indonesia. Kepada para pihak yang berkompeten harus segera mempersiapkan segala kebutuhan dan persyaratan yang diminta oleh KSA jauh-jauh hari, agar para jemaah tidak mengalami hambatan saat berangkat ke Tanah Suci,” ungkap Lisda.

Menurut Lisda, ini juga sekaligus momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia, keseriusan pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan haji ataupun umrah, dengan memberikan dukungan penuh kepada para jemaah.

Baca Juga: Tidak Pernah Berjanji, Lisda Hendrajoni Tetap Bertemu Konstituennya

“Ini merupakan momentum bagi kita untuk menunjukkan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, bahwa kita bersungguh-bersungguh dalam memberikan dukungan kepada pada jemaah meskipun dengan aturan yang ketat," tuturnya.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi, yakni soal vaksinasi. Pihak Arab Saudi hanya mengizinkan jemaah yang telah menerima vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Johnson & Johnson. Penerima vaksin jenis lain juga diizinkan bila telah melakukan vaksinasi booster (vaksinasi tahap tiga) dengan menggunakan jenis vaksin yang ditentukan tersebut.

UmrahBaca Juga: Arab Bakal Membuka Penyelenggaraan Umrah 1443 H, Pemerintah Prioritaskan Penanganan Covid-19

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Terkini

PDIP dan Nasdem Berbeda Sikap Terkait Wacana PPHN

Selasa, 14 September 2021 | 12:57 WIB

Perempuan Kurang Minat Terjun Dalam Politik, Salah Siapa?

Selasa, 14 September 2021 | 11:40 WIB
X