Jamiluddin Ritonga: Baliho Puan tak Efektif Tingkatkan Elektabilitas

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 10:54 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: SINDOnews)
Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritonga menilai baliho Puan Maharani yang banyak terpampang kota-kota besar di Indonesia tidak efektif untuk mengangkat elektabilitas putri Megawati Soekarnoputri itu.
 
Jamil mengakui, pemasangan baliho tentu hak setiap orang. Puan juga mempunyai hak untuk memasang fotonya di baliho. Hanya saja, pemasangan baliho oleh seseorang tentu mempunyai tujuan tertentu.

"Namun kalau Puan memasang fotonya di baliho bertujuan untuk meningkatkan elektabilitasnya, tentu ia salah memilih media. Sebab, media baliho hanya efektif untuk menimbulkan awareness," kata Jamil kepada Harianhaluan.com, Selasa (10/8/2021).

Menurut penulis buku Tipologi Pesan Persuasif itu, sebanyak apapun foto Puan  dipasang di baliho, tidak akan dapat mendongkrak elektabilitasnya. Karena itu, rendahnya elektabilitas Puan di hasil survei tak relevan dikaitkan dengan bertebarannya balihonya.

Seseorang biasanya menggunakan baliho kalau ia merasa belum dikenal masyarakat. Melalui baliho diharapkan orang tersebut akan dikenal sehingga popularitasnya meningkat.

Seharusnya kata Jamil, Puan sudah populer karena ia pernah menjadi menteri dan sekarang Ketua DPR RI. Bahkan sebelumnya sudah menjadi Anggota DPR RI. Karena itu, Puan idealnya tidak memerlukan lagi baliho untuk memperkenalkan dirinya.

"Jadi, sosok Puan seharusnya tidak memerlukan baliho. Puan butuh media lain yang dapat meningkatkan elektabilitasnya. Tentu tim media Puan tahu media yang pas untuk meningkatkan elektabilitas," kata pengajar Universitas Esa Unggul itu. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

X