Hasil Survei Capres Membingungkan, Jamiluddin Ritonga: Jangan Sekedar Menggiring Opini

- Senin, 16 Agustus 2021 | 08:46 WIB
Jamiluddin Ritongan
Jamiluddin Ritongan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengamat komunikasi politik M. Jamiluddin Ritongan menilai, nanyak hasil survei terkait elektabilitas tokoh sebagai calon presiden yang dirilis berbagai lembaga survei kerap membingungkan masyarakat.

Baca Juga: Presiden Afghanistan Jadi Sorotan Dunia, Fadli Zon Unggah Foto Bersama Ashraf Ghani

Jamil mencontohkan survei dilakukan Charta Politica dan Indonesia Political Opinion (IPO). Antara kedua lembaga survei itu menunjukkan hasil yang berbeda.

Hasil survei Charta Politica menyebutlan elektabilitas tiga besar masih dipegang Ganjar Pranomo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Hasil ini tidak mengejutkan karena dari berbagai survei dari lembaga survei yang kredibel tiga tokoh ini memang bergantian menempati urutan 1 hingga tiga.

Sedangkan hasil yang dirilis IPO, tiga besar diisi Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Sandiaga Uno. Sementara elektabilitas Prabowo hanya diurutan 5 dengan hasil 7,8 persen.

Baca Juga: Hari Ini Jokowi Sampaikan Pidato Keuangan

"Temuan IPO ini menimbulkan tanda tanya, mengingat selama ini elektabilitas Prabowo selalu tiga besar dan tidak pernah dibawah satu digit (7,8 persen). Padahal, selama periode tersebut tidak ada isu miring yang berarti yang dapat menimbulkan melorotnya elektabilitas Prabowo," kata Jamil kepada Harianhaluan.
com, Senin (16/8/2021).
Perbedaan hasil survei seperti itu menurut Jamil sudah kerap terjadi. Akibatnya, banyak pihak yang sudah meragukan validitas hasil survei, khususnya terkait popularitas dan elektabilitas tokoh tertentu.

Habiburokhman, salah satu Wakil Ketua Umum Gerindra, termasuk yang meragukan hasil survei eksternal. Menurutnya, Gerindra hanya percaya hasil survei internal.

:Nada sumbang seperti itu sudah kerap mengemuka. Hasil survei dinilai untuk menggiring opini publik baik dalam arti positif maupun negatif," kata pengajar Metode Penelitian Komunikasi Universitas Esa Unggul itu.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Prabowo Maju Pilpres 2024, Jokowi: Ya Silahkan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:11 WIB
X