Tanggapi Polemik Pemain Sepak Bola Puasa di Bulan Ramadan, Thomas Doll: Orang yang Berpuasa Punya Energi Lebih

- Jumat, 24 Maret 2023 | 16:34 WIB
Tanggapi Polemik Pemain Sepak Bola Puasa di Bulan Ramadan, Thomas Doll: Orang yang Berpuasa Punya Energi Lebih (persija.id)
Tanggapi Polemik Pemain Sepak Bola Puasa di Bulan Ramadan, Thomas Doll: Orang yang Berpuasa Punya Energi Lebih (persija.id)

HARIANHALUAN.COM - Pelatih Persija, Thomas Doll memberikan tanggapannya usai mencuatnya polemik pemain sepak bola yang berpuasa di bulan Ramadan. Pelatih asal Jerman tersebut berpendapat jika puasa memiliki manfaat yang bagus.

Thomas Doll berpendapat, jika para pemain berpuasa hal tersebut tidak akan merubah apa-apa. Ia meyakini, berpuasa justru mempunyai manfaat yang baik dan memberikan energi lebih.

Thomas Doll menyampaikan, bahwa berpuasa akan membawa dampak positif kepada para pemain dan memberikan manfaat yang baik. Dirinya mendapatkan pengalaman tersebut saat melatih untuk klub di liga Arab Saudi, Al-Hilal di musim kompetisi 2011-2012.

Baca Juga: 4 Pemain Sepak Bola Top yang Tajir Namun Hidupnya Sederhana dan Suka Berbagi

“Saya pikir saat kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi sesuatu maka kepala kita akan lebih jernih. Selain itu orang yang berpuasa akan merasa lebih baik, mempunyai kekuatan, dan energi lebih,” kata Thomas, keterangan tertulis dikutip Harianhaluan.com, Jumat, 24 Maret 2023.

Mantan pemain yang bermain di liga Serie A Italia bersama SS Lazio tersebut menyebutkan, jika puasa memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya untuk berat badan melainkan juga untuk membersihkan diri dari pikiran yang tidak baik.

“Menurut saya manfaat puasa sangat bagus. Bukan dari turunnya berat badan saja, namun juga untuk membersihkan segalanya,” imbuhnya.

Baca Juga: Kylian Mbappe Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia, Materialistis Tapi Gemar Berdonasi

Thomas menambahkan, jika dirinya tertarik untuk mencoba untuk berpuasa suatu saat nanti. Ia mengatakan, bahwa hampir seluruh pemain Persija Jakarta berpuasa, hal tersebut membuatnya tertarik dan mungkin akan mencoba untuk ikut berpuasa.

“Kita akan lihat mungkin suatu saat saya akan mencoba melakukan puasa di sini. Hampir seluruh pemain di sini berpuasa. Saya pikir kenapa pelatihnya tidak ikut mencoba,” ungkap mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Thomas berujar, jika dirinya ikut berpuasa dengan para pemain Persija Jakarta, ia tidak akan makan dengan jumlah besar saat sahur dikarenakan usia yang tidak lagi muda sehingga kondisi fisiknya berbeda dengan para pemain yang masih aktif bermain.

“Cuma saya harap tidak terlalu banyak makan di malam harinya karena metabolisme saya berbeda jauh dengan pemain. Sebab, mereka semua masih muda,” terang Thomas Doll. ***

Editor: Milna Miana

Sumber: persija.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X