Ini Makna Gestur Tutup Mulut Pemain Jerman Sebelum Disikat Jepang, HAM Dibawa-bawa Lho

- Kamis, 24 November 2022 | 08:06 WIB
Ini Makna Gestur Tutup Mulut Pemain Jerman Sebelum Disikat Jepang, HAM Dibawa-bawa Lho (Twitter @DFB_Team_EN)
Ini Makna Gestur Tutup Mulut Pemain Jerman Sebelum Disikat Jepang, HAM Dibawa-bawa Lho (Twitter @DFB_Team_EN)
 
HARIANHALUAN.COM - Ada salah satu momen yang tak biasa dilakukan pemain Timnas Jerman sebelum pertandingan melawan Jerman semalam.
 
Gestur pemain Timnas Jerman tutup mulut kala foto sebelum bertanding melawan Jepang di laga penyisihan Grup E Piala Dunia 2022
 
Momen tutup mulut pemain Jerman seperti itu menjadi menarik perhatian banyak pihak. Ternyata setelah ditelisik lebih jauh, semua itu adalah bentuk protes yang mereka lakukan.
 
 
Pemain Timnas Jerman protes karena dilarang menggunakan ban kapten One Love atau pelangi yang mendukung LGBTQ+. 
 
Pada sesi foto bersama itu, para pemain starting lineup Jerman kompak bergaya tutup mulut mereka dengan tangan kanan. 
 
Menyelisik lebih jauh, gestur tutup mulut pemain Jerman itu unik karena jarang sekali ada tim melalukan foto dengan gaya seperti itu.
 
 
Kemudian, banyak orang pun yang penasaran dengan arti gestur tutup mulut yang diperlihatkan para pemain Jerman itu. 
 
Oleh karena itu, Timnas Jerman menjelaskan alasan gestur itu di akun Twitterkenapa mereka mereka melakukan itu. 
 
"Dengan ban kapten kami, kami ingin memberi contoh nilai-nilai yang kami jalani di tim nasional: keragaman dan saling menghormati. Bersama bangsa lain, kami ingin suara kami didengar," tulis keterangan Timnas Jerman yang dilansir Harianhaluan.com dari akun Twitter @DFB_Team, Rabu (23/11/2022).
 
 
"Ini bukan tentang pesan politik: hak asasi manusia tidak bisa dinegosiasikan. Itu tidak perlu dikatakan lagi. Sayangnya masih belum," tambah keterangan Timnas Jerman di akun Twitter resminya. 
 
"Itulah mengapa pesan ini sangat penting bagi kami. Melarang ban kapten kami itu seperti menolak kami bersuara. Sikap kami berdiri atas posisi kami," imbuh keterangan Timnas Jerman. 
 
Namun, terlepas dari gaya foto tutup mulut, Timnas Jerman pun malah menderita kekalahan dari Jepang dengan skor 1–2. 
 
 
Pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Internasional Khalifa pada Rabu, 23 November 2022 malam WIB, Timnas Jerman sempet unggul terlebih dahulu lewat Ilkay Gundogan di menit 33. 
 
Namun dengan berjalannya waktu, Samurai Biru atau Timnas Jepang berhasil membalikkan keadaan menjadi 1–2 dengan gol yang masing-masing dicetak melalui Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83').(*)
 

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Twitter @DBF_Team-EN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X