Timnas Jepang Sukses Taklukan Jerman di Piala Dunia, Federasi Sepak Bolanya Ternyata Belajar dari Indonesia

- Kamis, 24 November 2022 | 17:44 WIB
Gol Kedua Jepang yang dicetak Takuma Asano di menit 83.
Gol Kedua Jepang yang dicetak Takuma Asano di menit 83.

HARIANHALUAN.COM - Timnas Jepang secara mengejutkan menaklukan Jerman dalam duel matchday 1 Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Qatar, Rabu, 24 November 2022.

Jerman unggul lebih dahulu lewat gol Ilkay Gundogan di babak pertama. Laga berjalan baik bagi Jerman, namun segalanya berubah saat Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83') membalikkan kedudukan.

Baca Juga: Kelakuan Suporter Timnas Jepang di Piala Dunia jadi Perhatian Dunia: Itulah Mengapa Mereka Menang

Skor 1-2 untuk kemenangan Jepang tidak berubah hingga wasit meniupkan peluit akhir pertandingan.

Hasil pertandingan ini tentu mengejutkan seluruh insan sepak bola. Timnas Jerman yang diisi para bintang seperti Ilkay Gundogan, Kai Havertz, hingga Serge Gnabry harus takluk dari negara Asia Timur tersebut.

Baca Juga: Bersihkan Sampah di Stadion, Suporter Timnas Jepang Tuai Pujian FIFA

Jepang sekaligus sukses mengikuti langkah Arab Saudi yang berhasil menang melawan tim yang dihuni mega bintang dunia, Lionel Messi, yakni Argentina.

Kesuksesan Jepang menaklukan perlawan pada raksasa Eropa Jerman disebut berkat pembinaan sepak bola mereka yang sistematis dan konsisten.

Dikutip dari japanfootballlabo.com, sejarah sepak bola Jepang dimulai tahun 1873. Adalah Sir Archibald Lucius Douglas yang merupakan Misi Angkatan Laut Inggris memperkenalkan sepak bola ke Jepang pertama kali.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: japan.co.jp

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X