Sekarang Terungkap Alasan Gustavo Matosas Mundur jadi Pelatih Kosta Rika, Ternyata karena Gabut

- Kamis, 24 November 2022 | 20:05 WIB
Sosok Gustavo Matosas. Tangkapan layar twitter.com/gusmatfc (Gustavo Matosas)
Sosok Gustavo Matosas. Tangkapan layar twitter.com/gusmatfc (Gustavo Matosas)

HARIANHALUAN.COM - Pelatih Kosta Rika di Piala Dunia 2022, Luis Fernando Suarez, mungkin punya alasan untuk mundur setelah timnya dibantai Spanyol 7-0. Tentu alasan tersebut jauh lebih masuk akal ketimbang Gustavo Matosas.

Gustavo Matosas merupakan mantan pelatih Timnas Kosta Rika periode 2018-2019. Ia ditunjuk sebagai arsitek Kosta Rika sejak 10 Oktober 2018 dan bertahan hingga 5 September 2019 sebelum mengundurkan diri.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022 Spanyol vs Kosta Rika: Tim Matador Cetak Rekor Gol Usai Menang 7-0

Pria bernama lengkap Gustavo Cristian Matosas Phaidon itu lahir di Buenos Aires, 27 Mei 1967. Saat aktif menjadi pemain, ia sempat membela sejumlah klub di Amerika Selatan, Spanyol, China, hingga Meksiko.

Meski lahir di Argentina, Gustavo Matosas memilih membela tim nasional Uruguay. Ia bermain pada periode 1987-1992 dengan 7 caps dan 1 gol.

Baca Juga: Timnas Spanyol Libas Kosta Rika, Gavi Cetak Rekor di Piala Dunia

Setelah pensiun pada 2001, Matosas mengambil lisensi kepelatihan dan dinyatakan lulus dengan sertifikat CONMEBOL Pro.

Gustavo Matosas lalu terjun menjadi pelatih pada 2002 dengan klub pertama yang ditukangi adalah Villa Espanola di Uruguay.

Gustavo Matosas juga sempat membesut Plaza Colonia, Rampla Juniors, Danubio, Penarol, Bella Vista, Universidad de San Martin, Queretaro, Leon, Club America, Atlas, Al-Hilal, Cerro Porteno, hingga Estudiantes de La Plata.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X