Prediksi Belanda vs Amerika Serikat Laga Pertama Babak 16 Besar: Oranje Unggul Rekor di Piala Dunia

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:48 WIB
Prediksi Belanda vs Amerika Serikat Laga Pertama Babak 16 Besar: Oranje Punya Rekor Bagus (FIFA.com)
Prediksi Belanda vs Amerika Serikat Laga Pertama Babak 16 Besar: Oranje Punya Rekor Bagus (FIFA.com)
 
HARIANHALUAN.COM - Laga pertama babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan dimulai pada Sabtu 3 Desember, pukul 18:00 waktu setempat, mempertemukan Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa.
 
Belanda memenangkan Grup A dengan tujuh poin, membukukan kemenangan 2-0 atas Senegal dan Qatar dan imbang dengan Ekuador. 
 
Mereka juga memiliki silsilah yang lebih besar, tiga final Piala Dunia secara keseluruhan,  tetapi Amerika Serikat memiliki alasan sendiri untuk percaya diri setelah tampil tak terkalahkan dari babak penyisihan grup.
 
 
Dalam penyisihan, Amerika Serikat imbang dengan Wales dan Inggris sertu menutup penyisihan dengan kemenangan 1-0 yang menentukan Iran.
 
AS memiliki tujuan untuk melaju ke perempat final untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia Korea Jepang 2002. 
 
Mereka memiliki rekor pertahanan yang bagus, hanya kebobolan satu gol, dan berusaha menghentikan lumbung gol Belanda, Cody Gapko yang sedang dalam performa terbaik. 
 
 
Cody Gapko mencetak tiga gol dari total pertandingan di babak penyisihan grup A dan menjadi top skor di timnas Belanda.
 
Berita tim
 
Kabar baik bagi AS adalah Christian Pulisic berharap bisa tampil setelah mengalami cedera panggul saat mencetak gol kemenangan melawan Iran pada Selasa malam. 
 
Pelatih Gregg Berhalter menyuarakan nada optimis dalam konferensi pers prapertandingan pada Jumat kemarin.
 
 
"Kami akan melihatnya di lapangan latihan hari ini. Menurut saya itu terlihat cukup bagus jadi kami harus melihatnya hari ini di lapangan untuk mendapatkan konfirmasi tentang itu," kata pelatih.
 
Head-to-head
 
Belanda telah memenangkan empat dari lima laga melawan AS sebelumnya, dimulai dengan kemenangan 2-0 di Miami pada Februari 1998, yang mana Ronald de Boer dan Clarence Seedorf mencetak gol. 
 
Ada hasil yang sama ketika mereka bertemu lagi pada Mei 2002 menjelang final tahun itu di Piala Dunia Korea Jepang, dengan Roy Makaay dan Andy van der Meyde mencetak gol melawan tim AS yang kala itu pelatih Gregg Berhalter, manajer umum Brian McBride dan Direktur Olahraga AS, Earnier Stewart tampil di lapangan hijau.
 
 
Belanda memperoleh kemenangan pada laga persahabatan berikutnya atas AS di Belanda pada Februari 2004 dengan kemenangan 1-0)dan Maret 2010 dengan skor kemenangan 2-1. 
 
Dalam pertemuan terakhir kedua tim pada Juni 2015, AS keluar sebagai pemenang, bangkit dari ketertinggalan 3-1, dengan 20 menit tersisa untuk menang 4-3 melalui gol Bobby Wood di menit ke-90.
 
Fakta Unik
 
Belanda mengincar perempat final kelima dalam enam penampilan terakhir.
 
 
• AS akan menyamai performa Piala Dunia FIFA terbaik sejak 1930 dengan kemenangan.
 
• Kedua tim tak terkalahkan dan hanya kebobolan masing-masing satu kali di babak penyisihan grup.
 
Belanda bakal menghadapi ujian dalam melawan tim AS yang muda dan energik di babak pertama babak 16 besar di Stadion Internasional Khalifa pada Sabtu.
 
 
Belanda telah memenangkan empat dari lima pertandingan terakhir mereka di babak 16 besar Piala Dunia.
 
• Tidak termasuk adu penalti, Belanda tidak pernah kalah dalam sepuluh pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, yaitu menang 7 kali, seri 3 kali. Ini adalah rekor terpanjang mereka dalam sejarah kompetisi.
 
Belanda hanya gagal mencetak gol dalam satu dari 31 pertandingan internasional terakhir mereka.
 
 
• AS tanpa kemenangan dalam 11 pertandingan Piala Dunia terakhir mereka melawan lawan Eropa yaitu seri 5 kali dan kalah 6 kali. 
 
• AS kalah dalam dua pertandingan babak 16 besar Piala Dunia terakhir mereka di perpanjangan waktu, melawan Ghana (2010) dan Belgia (2014).
 
• AS hanya kalah tiga dari 11 pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, menang 3 kali imbang 5 kali
 
 
• AS tidak memperoleh kemenangan dalam 11 pertandingan Piala Dunia terakhir mereka melawan lawan Eropa, yaitu imbang 5 kali dan kalah 6 kali.
 
Prediksi Susunan Pemain 
 
 
Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Memphis Depay, Cody Gakpo.
 
• Ditangguhkan: tidak ada
 
• Absen pertandingan berikutnya jika mendapat kartu kuning: Matthijs de Ligt, Nathan Ake
 
 
 
Matt Turner; Sergino Dest, Cameron Carter-Vickers, Tim Ream, Antonee Robinson; Tyler Adams, Yunus Musah, Weston McKennie; Christian Pulisic, Josh Sargent, Timothy Weah.
 
• Ditangguhkan: tidak ada
 
• Melewatkan pertandingan berikutnya jika mendapat kartu kuning: Sergino Dest, Tyler Adams, Weston McKennie, Tim Ream, Kellyn Acosta.(*)

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: FIFA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X