Demi PSSI Negara Terima Shayne Pattynama Sebagai WNI: Siap Bela Skuad Garuda

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:51 WIB
Shayne Pattynama resmi jadi WNI (pssi.org)
Shayne Pattynama resmi jadi WNI (pssi.org)

HARIANHALUAN.COM - Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan diambil sumpahnya sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta, pada Selasa 24 Januari 2023.

Setelah resmi menjadi WNI, ia mengatakan sangat bangga menjadi warga Indonesia dan punya mimpi untuk membawa skuad Garuda menjadi tim terbaik di Asia dan lolos ke Piala Dunia.

Pemain yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 itu ditemani oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan dan Hamdan Hamedan selaku utusan PSSI yang mengurus naturalisasi.

Baca Juga: Jadi Penyelamat Anak-anak dari Golongan Ekonomi Lemah, Ini Penjelasan Program PKK dan PKW Kemendikbudristek

Baca Juga: Hadiri Paris Fashion Week, Penampilan Doja Cat dan Kylie Jenner Nyentrik Bikin Heboh

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya kemudian disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Setelah ini, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Jika tahapan itu berjalan lancar, maka pemain berusia 24 tahun itu dapat memperkuat skuad timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga: Ditanya Wartawan Soal Biaya Haji 2023, Jokowi: Belum Final Sudah RamaiBaca Juga: Tega! Viral Video Bayi Diberi Kopi Instan di Tiktok Hingga Twitter Tuai Kecaman Warganet di Lini Masa

Halaman:

Editor: Mufrod

Sumber: pssi.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X