Kepsek SMA/SMK/SLB se Kabupaten Sijunjung Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Dana BOS

- Rabu, 1 September 2021 | 17:05 WIB
Kejari Sijunjung Effendri Eka Putra SH,MH saat memberikan arahan terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban dana BOS kepada para kepala sekolah dan bendahara serta pengawas sekolah SE Kabupaten Sijunjung, Rabu (1/9) di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.
Kejari Sijunjung Effendri Eka Putra SH,MH saat memberikan arahan terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban dana BOS kepada para kepala sekolah dan bendahara serta pengawas sekolah SE Kabupaten Sijunjung, Rabu (1/9) di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-- Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang bersifat swakelola, puluhan Kepala Sekolah dan Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Sijunjung mengikuti Sosialisasi pengelolaan dan pertanggungjawaban dana BOS, Rabu (1/9) di Gedung Pancasila Muaro.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Enggan Bicara soal Surat Minta Sumbangan

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama MKKS SMA/SMK Sijunjung dengan Kejaksaan Negeri Sijunjung dan dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah V Dinas Pendidikan Sumatera Barat Drs.Adrial.

Kegiatan tersebut juga digelar dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOS Reguler Tahun 2021. Dimana para kepala sekolah SMA/SMK masih banyak yang belum memahami peraturan dan juknis peraturan menteri tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Sijunjung Efendri Eka Saputra SH ,MH dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kegiatan yang digelar oleh seluruh kepsek dan bendahara serta pengawas sekolah tingkat SMA/SMK/SLB dikarenakan masih belum maksimalnya pemahaman pihak sekolah dalam hal ini terkait perencanaan, penatausahaan, evaluasi dan pelaporan dana BOS untuk tingkat SMA.

Menurutnya, kegiatan ini juga didukung kejaksaan sebagai komitmen kejaksaan negeri Sijunjung dalam memberikan edukasi kepada Kepala Sekolah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah, agar tak salah dalam menggunakan anggaran tersebut.

“Kita melaksanakan Kegiatan ini atas permintaan dari MKKS SMA dan SMK SE Kabupaten Sijunjung dan komitmen Kejari Sijunjung untuk memberikan pengetahuan kepada para kepala sekolah, dalam memberikan sosialisasi hukum serta pengelolaan dan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS, terutama yang bersifat swakelola,” ujarnya.

Pihaknya juga menilai masih banyak bendahara BOS pada satuan pendidikan belum dapat mencatat dan membukukan pendapatan anggaran dan pengeluaran dana BOS secara baik dan benar.

“Ini bisa dilihat tidak adanya koordinasi yang baik antara Kepala Sekolah, Bendahara dan Operator dalam pengelolaan dana BOS, seolah olah berebut siapa yang pegang uangnya sehingga tidak jelas pertanggungjawabannya, ”jelasnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Padang Panjang Boyong Tiga Penghargaan dari KPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:10 WIB
X