Sosiolog Desak Pemko Bukittinggi Cepat Perbaiki Pasar Bawah

- Selasa, 14 September 2021 | 09:28 WIB
Dok Harianhaluan.com
Dok Harianhaluan.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sosialogi Pasar, Indraddin mengucapkan berduka terhadap peristiwa kebakaran Pasar Bawah, Kota Bukittinggi. Menurut pepatah Minang 'sudah jatuh tertimpa tangga pula'. Sedangkan dalam kondisi normal saja para pedagang masih kesulitan lantaran pandemi covid-19.

"Sekarang ditimba musibah lagi (pedagang), kondisinya tentu lebih parah lagi. Menurut saya ada persoalan rumit yang dialami pedagang karena selain berjualan mereka juga harus memutar otak untuk mencukupi rumah tangga," kata Indraddin.

Baca Juga: Pasca Kebakaran, Legislator Sumbar: Pemko Bukittinggi Harus Pikirkan Nasib Pedagang Pasar Bawah

Melihat peristiwa ini, Indraddin menilai Pemko Bukittinggi harus segera menangani dan mencarikan jalan keluarnya supaya tidak stagnan ekonomi masyarakat, serta tidak putus mata pencaharian keluarga yang terimbas kebakaran tersebut.

"Karena nyawa yang mengantungkan hidupnya di Pasar Bawah ini sangat banyak, tentu saja berdampak kepada masalah sosial, ekonomi. Jadi perlu dicarikan jalan keluarnya yang secepatnya," desak Indraddin.

Baca Juga: Cuaca Tidak Mendukung, Proses Identifikasi Penyebab Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi Dilanjutkan Besok

Sebelumnya, Pasar Bawah yang berada di Kota Bukittinggi dilaporkan terbakar pada hari sabtu, 11 september 2021 pukul 03.00 WIB dini hari.

Berdasarkan informasi yang dimuat oleh akun @bukittinggiku kebakaran kali ini diperkirakan menghanguskan 300 lapak yang ada di kawasan pasar bawah.

Bagian yang terbakar merupakan kios-kios yang berjualan ayam, sayur dan daging. Belum dapat dipastikan berapa total kerugian dalam kejadian ini. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X