Pengamat Minta Pemda Lobi Pusat untuk Kucurkan Dana Revitalisasi Pasar Bawah

- Selasa, 14 September 2021 | 11:05 WIB
Dok Harianhaluan.com
Dok Harianhaluan.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pengamat Kebijakan Publik, Zikri Alhadi berharap responsif dari semua pihak baik Pemerintab Daerah, Provinsi dan Pusat. Karena keprihatinan atas kebakaran Pasar Bawah, Kota Bukittinggi.

"Ada Dinas Perdangangan Bukitinggi, anggota dewan tentu ini berfungsi untuk mengavokasi kebijakan pemerintah yang lebih berpihak kepada pedagang," kata Zikri.

Baca Juga: Sosiolog Desak Pemko Bukittinggi Cepat Perbaiki Pasar Bawah

Zikri juga berharap kepada pemerintah untuk segera menyelamatkan nasib para pedagang tersebut karena mereka saat ini sudah jatuh tertimpa tangga pula.

"Saat ini kondisi ekonomi lagi sulit ditambah lagi ada kebakaran. Walaupun saat ini covid-19 sudah mulai melandai, jadi ada harapan untuk pedagang. Namun sayangnya ketika covid melandai terjadi musibah pula," ujar Zikri dalam dialog detak Sumbar.

Baca Juga: Pasca Kebakaran, Legislator Sumbar: Pemko Bukittinggi Harus Pikirkan Nasib Pedagang Pasar Bawah

Zikri menyebutkan, dari informasi yang tersebar Pasar Bawah akan direnovasi tahun 2023 setelah Pasar Raya Padang. Tetapi melihat kondisi ini, katanya, pemerintah daerah dan anggota dewan bisa melobi pemerintah pusat untuk segera merevitalisasi pasar ini.

"Untuk sementara perlu solusi juga terhadap nasib pedagang sembari menunggu proses revitalisasi. Tentu ini membutuhkan waktu juga," kata Zikri.

Menurut Zikri, jika hanya mengandalkan dana dari Pemda untuk revitalisasi Pasar Bawah tentu sangat sulit karena banyak anggaran recofushing. Maka perlu dimanfaatkan DAK (Dana Alokasi Khusus) maupun CSR.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X