Perwakilan Sumbar Sabet 8 Prestasi Lomba Wana Lestari 2021

- Rabu, 15 September 2021 | 12:28 WIB
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat bertemu para pemenang di Padang.
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat bertemu para pemenang di Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Perwakilan Sumbar berhasil mengharumkan nama daerah dengan meraih delapan prestasi dalam lomba Wana Lestari 2021 yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Ini prestasi yang luar biasa karena perwakilan Sumbar bisa meraih prestasi dari seluruh kategori yang diperlombakan. Ini juga memberikan harapan untuk masa depan pengelolaan hutan kita akan lebih baik di tangan orang-orang yang peduli akan kelestarian lingkungan," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat bertemu para pemenang di Padang.

Baca Juga: Kerusakan Hutan Sumbar Sedikit Menurun

Ia mengatakan hutan memiliki potensi yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus untuk menjaga keasrian lingkungan agar tidak mudah ditimpa bencana terutama banjir.

Selama ini saat orang bicara hutan, yang terbayang adalah ekplorasi kayu. Padahal banyak potensi bukan kayu yang bisa dimanfaatkan. Melalui tokoh-tokoh masyarakat dan milenial yang peduli lingkunganlah potensi tersebut bisa digali tanpa merusak hutan.

Baca Juga: Hampir 100.000 Ha Hutan Sumbar Masuk PHBM

"Kami berharap kepedulian terhadap hutan ini ditularkan pada masyarakat dan generasi selanjutnya agar keasrian hutan bisa terus terjaga secara berkelanjutan," ujarnya.

Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi mengatakan Lomba Wana Lestari yang digelar KLHK merupakan metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menilai prestasi perorangan, kelompok, dan aparatur pemerintah dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat di bidang lingkungan hidup dan kehutahanan.

Tahun ini ada delapan kategori yang diperlombakan dan perwakilan Sumbar bisa meraih prestasi di setiap kategori mulai dari peringkat I,II,III dan juara harapan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X