Mentawai, Pariaman dan Dharmasraya Belum Tersentuh PDAM

- Rabu, 15 September 2021 | 14:27 WIB
Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal.
Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua PD Perpamsi Sumbar, Hendra Pebrizal menyebutkan, saat ini dari 19 kabupaten dan kota baru 16 kabupaten dan kota yang telah memiliki PDAM. Tiga daerah yang belum adalah Mentawai, Pariaman dan Dharmasraya.

Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang itu mengatakan, selama ini PDAM kesulitan dalam meningkatkan kualitas layanan dan keterjangkauan pada konsumen karena tarif belum FCR.

Baca Juga: 16 Kabupaten/Kota di Sumbar Belum Terapkan Tarif FCR PDAM

"Karena itu penting kebijakan kepala daerah untuk penyesuaian tarif air atau memberikan penyertaan modal/subsidi bagi PDAM," katanya, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, beberapa PDAM sudah mengedepankan prinsip efesiensi namun belum bisa menutupi kebutuhan operasional. Ditambah lagi harga material untuk produksi air, operasional pemeliharaan jaringan perpipaan, logistik dan bahan kimia semakin meningkat.

Baca Juga: Direktur Utama Perumda AM Padang Terima Penghargaan Nasional Top CEO BUMD 2021

Jika penyesuaian tarif disetujuai, maka akan mempertimbangkan beberapa hal diantaranya keterjangkauan, keadilan, mutu pelayanan, pemulihan biaya, efisiensi pemakaian air, transparansi dan akuntabilitas serta perlindungan air baku.

Sementara Direktur Pengawasan Badan Layanan Umum Daerah, Badan Usaha Jasa Air, BUMD dan BUMDes, BPKP, Juliver Sinaga mengatakan pihaknya ditugaskan untuk melakukan pengawasan dalam upaya pencapaian program akses pelayanan air minum yang ditargetkan dalam RPJMN 2020-2024.

"BPKP melakukan pengawasan intern terhadap program pemerintah terhadap pelayanan akses air bersih serta tata kelola perusahaan yang baik," ujarnya. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

TP-PKK Agam Studi Komparatif ke Jambi

Selasa, 7 Desember 2021 | 20:56 WIB

Ketua PKK Kota Pariaman Serahkan Insentif Dasawisma

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:45 WIB

Bupati Agam: LGBT Ancaman Bagi Generasi Harapan Bangsa

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:02 WIB
X