Penerimaan Pajak Hotel dan Restoran di Padang Turun, Begini Tanggapan PHRI Sumbar

- Rabu, 15 September 2021 | 19:20 WIB
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar, Maulana Yusran
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar, Maulana Yusran

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar, Maulana Yusran menilai masih jauhnya target penerimaan pajak daerah yang bersumber dari hotel dan restoran disebabkan karena beberapa hal.

Maulana menjelaskan kondisi hotel dan restoran dalam setahun belakangan ini sangat terpuruk. Pengunjung hotel turun sangat drastis dan acara yang digelar pun secara terbatas. Hal ini berimbas pada pendapatan masing-masing pelaku usaha kian merosot.

Baca Juga: Positif Covid-19 Hari iNi Dilaporkan Bertambah 3.948 Kasus

Dia menjelaskan bahwa turunnya pajak dan hotel juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang menahan mobilitas masyarakat.

"Jangan cuma menargetkan pajak, tapi mobilitas ditahan. Konsumen tidak ada terus mau bayar pakai apa. Itu mesti realistis perhitungan pajak," katanya, Rabu (15/9/2021).

Maulana melanjutkan, hendaknya kebijakan yang dibuat untuk mengetatkan satu sisi jangan sampai mengabaikan sisi lainnya. Target pajak turun karena sumbernya adalah kebijakan itu sendiri.

Kemudian, dalam beberapa kasus juga sering terjadi kendala dalam transaksi pembayaran. Tak jarang konsumen yang melakukan pembayaran dengan termin yang jangka waktunya bisa dua hingga tiga bulan.

"Transaksi hotel itu setiap keluar nominal tagihan tidak bisa cash-nya langsung ada. Karena kita melakukan bisnis bukan dengan orang yang datang langsung bayar fresh money. Sementara pajak dan uang service tidak bisa dikeluarkan kalau konsumen belum bayar," jelasnya.

Berkaitan dengan pemasangan tapping box di hotel dan restoran, Maulana mengatakan hal tersebut sudah pernah diterapkan secara nasional pada tahun 2005-2006. Namun, programnya tak berjalan maksimal lantaran kendala teknis di lapangan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Pemkab Pasbar Dukung Pembangunan Rumah Bersubsidi

Sabtu, 25 September 2021 | 18:40 WIB

Ratusan Ibu-ibu di Solok Dapat Bantuan Hortikultura

Sabtu, 25 September 2021 | 17:55 WIB

Sumbar Siapkan Dana Pendamping untuk Dua TPA

Sabtu, 25 September 2021 | 14:33 WIB

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB
X