Bantu Mesin Pengolahan Rotan, IKM Sumbar Dibekali Rekayasa Peralatan dan Perkakas

- Kamis, 16 September 2021 | 06:53 WIB
Pengolahan rotan.
Pengolahan rotan.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Provinsi Sumbar termasuk kaya akan hasil rotan. Kabupaten penghasil bahan baku rotan diantaranya adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Pasaman. Rotan yang dihasilkan masyarakat tersebut menjadi bahan baku bagi IKM pengolahan rotan yang ada di daerah itu.

Sentra IKM rotan di Kota Padang terpusat di Pitameh Kelurahan Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung. Salah satu masalah dan tantangan bagi IKM rotan adalah penguasaan teknologi pengolahan rotan.

Baca Juga: Dihantam Puting Beliung, 10 Unit Rumah Warga Rotan Gotah Pasaman Rusak

Dalam rangka meningkatkan kompetensi teknis pembuatan/perekayasaan peralatan dan perkakas bantu mesin pengolahan rotan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar melalui UPTD Logam melaksanakan Kegiatan Pelatihan Rekayasa Peralatan dan Perkakas Bantu Mesin Pengolahan Rotan.

Kepala Disperindag Sumbar, Asben Hendri mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan alat bantu dan perkakas IKM pengolahan rotan di Sumbar.

Baca Juga: Pasca Bencana MTS, Rotan Getah Masih Terisolasi, Logistik Warga Mulai Menipis

Peserta pelatihan berjumlah 15 (lima belas) orang yang memiliki keterampilan dan pengalaman mengoperasikan mesin bubut yang berasal dari 13 (tiga belas) Kabupaten/Kota yaitu Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Solok Selatan.

"Innstruktur pelatihan terdiri dari 2 (dua) orang instruktur yang memiliki kompetensi di bidang perekayasaan peralatan dan perkakas bantu alat mesin menggunakan mesin bubut, yang berasal dari Bengkel Cherry Sarana Agro dan dari UPTD Logam Disperindag Prov. Sumbar," ujarnya.

Adapun tema materi yang diberikan kepada peserta, yakni Teknik perancangan dan pembuatan desain/gambar teknik peralatan dan perkakas bantu mesin pengolahan rotan, Teknik pemilihan dan penghitungan bahan material pembuatan peralatan dan perkakas bantu mesin pengolahan rotan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Anak Usia 7-13 Tahun Berisiko Tinggi Stunting

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:12 WIB

Batu Kambiang Agam Vaksinasi 370 Warganya

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:33 WIB

108 Hektare Lahan Sumbar tak Ada Kejelasan Hukum

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Terpopuler

X