Sering Terjadi Kecelakaan Kereta Api di Sumbar, Athari: Keselamatan Masyarakat Prioritas Utama

- Senin, 20 September 2021 | 14:55 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi.
Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Masih dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional 2021, Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi, menyorot buruknya sistem keamanan jalur perlintasan kereta api di Sumatera Barat (Sumbar). Pasalnya, sering terjadi kecelakaan antara kereta api baik dengan mobil, motor maupun kendaraan lainnya di sekitar kawasan Lubuk Buaya, Kota Padang.

“Kita memperingati Hari Perhubungan Nasional, namun Kota Padang masih sering terjadi kecelakaan antara kereta api dengan mobil. Kalau begini artinya di Sumbar kita memiliki pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Saya perhatikan, sistem keamanan jalur perlintasan kereta api kita bermasalah, hal ini yang sering mengakibatkan terjadi kecelakaan," kata Athari kepada Harianhaluan.com, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Peringati Hari Perhubungan Nasional 2021, Athari: Mari Bergerak Harmonikan Indonesia

Dari catatan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) Sumbar, ternyata sepanjang tahun 2021, sudah terjadi 27 kasus kecelakaan kereta api. Kecelakaan pada umumnya terjadi pada perlintasan sebidang yang kebanyakan belum memiliki palang pengamanan.

Berdasarkan hal tersebut, Athari khawatir terhadap keselamatan masyarakat.

“Ini sangat mengkhawatirkan, sepanjang tahun 2021 ini saja sudah terjadi 27 kecelakaan, artinya hampir setiap minggu kecelakaan yang melibatkan kereta api terjadi. Kalau ini terus dibiarkan, maka akan memakan korban lebih banyak," ujar anggota Komisi V DPR RI tersebut.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Sungai Buluh Agam, Truk dan Mobil Pribadi Terjun Masuk Sungai

Anggota dewan perempuan termuda asal Sumbar tersebut mengungkapkan, sebagai anggota Komisi V DPR RI yang bermitra dengan Kementrian Perhubungan, ia terus memperjuangkan agar permasalahan di sektor transportasi di Sumbar, khususnya kereta api, segera dapat terselesaikan.

“Keselamatan masyarakat adalah prioritas utama, saya akan terus berjuang, untuk masalah kereta api ini. Kita ingin menghadirkan modernisasi palang kereta api dan peningkatan serta perbaikan rambu-rambu lalu lintas. Disamping itu kita perlu untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat agar lebih bisa memahami dan meningkatkan kewaspadaan saat melintas di kereta api," ucap Athari. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Wabup Padang Pariaman Buka Rakor Gabungan GOW dan OPD

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Dua Pasien Covid-19 Agam Dilaporkan Sembuh

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Fadil dan Putri Jadi Uda-Uni Kota Padang Panjang 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:10 WIB

Nagari Campago Padang Pariaman Cairkan BLT DD Besok

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:24 WIB

Ir. Jetson, MT Dilantik jadi Pj Sekda Agam

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:42 WIB

Manajemen PLN UIW Sumbar Kunjungi PLTM Salido Kecil

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:07 WIB

Bupati Sutan Riska Disambut Hangat di Sumatera Selatan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:09 WIB
X