DPMD Kota Pariaman Siap Fasilitasi Desa Dirikan BUMDes

- Selasa, 21 September 2021 | 22:10 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, siap memfasilitasi desa dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terhadap desa yang belum mendirikanya.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri yang dihubungi harianhaluan.com, Selasa malam ini (21/9-2021).

Di Kota Pariaman sampai saat ini baru ada 44 Bumdes, masih ada yang belum dan pihaknya siap membantu menfasilitasinya, kata dia.

Dari Bumdes yang sudah ada itu, beragam jenis usaha yang dilakukan, diantaranya ada di bidang pertanian termasuk juga wisata.

Namun terhadap Bumdes yang bergerak di Bidang Pertanian tentu diharapkan ke depan dapat mengatasi kelangkaan pupuk bagi petani dan menampung hasil pertanian petani.

Namun juga diharapkan kehadiran Bumdes dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat dan desa.

Diantara desa yang sudah ada Bumdes, Tungkal Selatan, bergerak di bidang pariwisata.Desa Palak Aneh dengan usaha pelaminan


Dan Bumdes Desa Bato, bergerak dibidang peternakan sapi. Desa Kampung Tangah beegeak di bidang peternakan dan pengelolaan lahar tidur.

Menurut Hendri, dari 55 desa yang ada itu baru 44 desa yang sudah punya Bumdes, 11 desa lagi belum, mudah-mudahan ke depan badan usaha tersebut terus tumbuh dan berkembang pesat. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Anak Usia 7-13 Tahun Berisiko Tinggi Stunting

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:12 WIB

Batu Kambiang Agam Vaksinasi 370 Warganya

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:33 WIB

108 Hektare Lahan Sumbar tak Ada Kejelasan Hukum

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Bupati Agam Hadiri Maulid Nabi di Nagari Malalak Barat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Terpopuler

X