Validasi Data Warga Miskin Dibutuhkan

- Senin, 26 Januari 2015 | 18:36 WIB

PLH Dinas Pendidikan, Elfi Joni, dalam ke­te­ra­ngan­nya kemarin, data ke­miskinan sebetulnya sama, hanya saja perbedaannya bisa saja ada diantara warga yang pindah tapi tidak melapor ke kelu­rahan, begitu juga ada yang meninggal tapi belum ter­catat oleh aparatur kelu­rahan.

Menurut Elfi Joni, perlu memakai data akurat, dalam menetapkan bea siswa. “Kami selalu melakukan cek fisik atau survei ke rumah warga yang dikatakan miskin ter­sebut, pengertian inilah yang harus kita seragamkan ber­sama masyarakat, “ujarnya.

Kepala Bappeda Paya­kum­buh, Rida Ananda, ter­pisah mengatakan, se­pan­jang kepe­mimpinan Wa­likota Riza Fa­lepi dan Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, cukup banyak kegiatan pe­nang­gu­langan kemiskinan yang di­lakukan pemko ter­masuk pa­da Dinas Pen­didikan.

Kegiatan Pemko, selain Dinas Pendidikan, juga me­lalui  bantuan usaha eko­nomi pro­duktif, seperti ban­tuan modal kelompok usaha ber­sama (KU­BE), ke­lompok wanita tani (KWT), ke­lom­pok bu­didaya pe­ri­ka­nan (pok­­­dakan) dan ke­giatan lain­nya. Usaha-usaha tersebut, berkembang baik di berbagai kelurahan  di kota ini, de­ngan omset bernilai mi­liaran ru­piah.

Selain bantuan modal usa­ha yang dilakukan SKPD ter­kait, Dinas  Sosal Tenaga Kerja, Dinas Tanaman Pangan  Per­kebunan dan Kehutanan, Dinas Perikanan dan Peter­nakan serta Badan Pem­ber­dayaan Masyarakat dan Ke­luarga  Berencana serta Kan­tor Ketahanan Pangan, juga dilakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni menjadi ru­mah layak huni.

Sepanjang dua tahun ter­akhir, pemko telah mem­bangun 300 lebih rumah layak huni buat keluarga miskin. Hanya saja, kata Ri­da, angka  kemiskinan di Payakumbuh, masih tercatat cukup tinggi, jika dibanding dengan data BPS. Hal itu  terlihat dari data Program Pendataan Per­lin­dungan Sosial (PPLS) ta­hun 2011 yang  berjumlah 34.128 jiwa yang sudah terregistrasi oleh pemerintah pusat melalui BPJS.

Menurut data Dinkes ma­sih ada keluarga miskin yang belum terregister se­banyak 1.673 jiwa lagi. “Kalau di­akumulasikan, berarti di Pa­yakumbuh, tercatat 35.801  jumlah warga miskin,” se­butnya. (h/zkf)

Editor: Administrator

Terkini

Manajemen PLN UIW Sumbar Kunjungi PLTM Salido Kecil

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:07 WIB

Bupati Sutan Riska Disambut Hangat di Sumatera Selatan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:09 WIB
X