Pasaman Ikuti Seleksi Kabupaten Sehat Swastisaba Wiwerda

- Kamis, 5 Februari 2015 | 19:01 WIB

Sekretaris Forum Kabu­paten Sehat Kabupaten Pasa­man Fauziah  kepada Haluan, Kamis kemarin menuturkan, hasil rapat yang diikuti oleh Kepala Bapeda Pasaman, Ke­pala Dinas Kesehatan Pasaman dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Pasaman di Dinkes Sum­bar, Selasa lalu, Kabu­paten Pasaman akan ambil bagian bersama dengan 19 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.

Direncanakan akhir Fe­bruari ini, semua dokumen yang dinilai akan dikirim berkasnya langsung ke pusat melalui propinsi. Dan tentunya untuk mengejar limit waktu yang diberikan, baik forum dan SKPD yang terkait akan me­ngejar deadline atau waktu pengiriman.

Disebutkan Fauziah, peng­hargaan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang dinilai dua tahun sekali itu, meru­pakan penghargaan tinggi yang diberikan kementerian kese­hatan RI kepada kepala daerah yang peduli dan berprestasi, dan mendukung setiap pro­gram forum kota/kabupaten sehat didaerahnya.

“Alhamdulillah pada ke­ikut sertaan pertama kalinya, kita berhasil menorehkan peng­hargaan Swastisaba Padapa untuk tiga tatanan sehat,” jelas Fauziah.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Desrizal menambahkan, pres­tasi pada tahun 2013 lalu, Kabupaten Pasaman mampu menorehkan prestasi dan me­nambah pundi-pundi peng­hargaan bagi Kabupaten Pasa­man, semuanya tak terlepas dari semua dukungan dari pemerintah daerah, termasuk peran serta forum sebagai ujung tombak kemajuan kabu­paten sehat di Kabupaten Pasaman.

Hal yang sama juga dijelas­kan oleh Kepala Pasaman Yoz­var­man. Kabupaten Pasa­man akan berusaha semak­simal kembali untuk menaik­kan prestasi pada tingkat wi­werda atau lima tatanan sehat yang akan diverifikasi oleh tim penilai pusat.

Kinerjanya yang dilakukan bukan dinas kesehatan saja sebagai liding sektor, tapi di sana terdapat SKPD terkait yang  bahu membahu me­nopang kabupaten sehat se­perti dinas PU, dinas pen­didikan, badan lingkungan, dinas sosial, perhubungan dan sebagainya. (h/tos)

Editor: Administrator

Terkini

Genius Umar Tinjau Proyek Infrastruktur di 3 Desa

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:38 WIB

Ini Pemenang Desain Batik Padang Pariaman

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Update Covid-19 di Bukittinggi, Satu Meninggal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:19 WIB

Gratifikasi yang Mesti Dipahami ASN

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:17 WIB

Wako Padang Panjang: Jadilah Pemuda yang Serba Bisa

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:06 WIB
X