Nagari Abai Akan Dijadikan Perkampungan Minangkabau

- Minggu, 8 Februari 2015 | 19:24 WIB

Rencana penetapan Nagari Abai sebagai perkampungan Minangkabau, kata Doni, ber­kaitan dengan permintaan Angku Datuak Katumang­gungan saat berkunjung ke nagari tersebut  beberapa hari yang lalu.

Pihaknya ingin menjawab permintaan Pucuk Pimpinan Adat Suku Piliang itu, yang berharap dengan melestarikan tradisi itu, akan memiliki nilai jual dibidang pariwisa­ta, se­hing­ga dapat mening­katkan perekonomian masyarakat setempat.

Doni melanjutkan, selain perkempungan Minangkabau, Angku Datuak Katumang­gungan juga meminta Budpar­pora membuat silabus Silek Tuo, untuk dijadikan bahan ajar sekolah di Solsel, sehingga seni beladiri itu bisa di­kenalkan sejak dini dan tradisi itu bisa dipertahankan.

Pihaknya akan mem­bica­rakan hal itu dengan dinas pendidikan, sebab hal itu ber­kait­an dengan Dinas Pendi­dikan. Sedangkan tugas Bud­parpora hanya menggali pot­en­si kebudayaan saja.

Sementara itu, Wali Na­gari Abai, Jamalus berharap, Pem­kab Solsel segera me­wujudkan penetapan na­garinya sebagai refleksi perkampungan Mi­nang­kabau tempo dulu.

“Kami berterima kasih kepada angku Datuak Katu­manggungan yang masih meli­hat keaslian budaya Minang­kabau di daerah ini. Kami berharap Pemkab Solsel sege­ra melakukan penetapan kawa­san ini  sebagai per­kam­pu­ngan Minangkabau,” sebut Jamalus yang juga merupakan pembina sanggar Batombe di Abai. (h/dib)

Editor: Administrator

Terkini

DPMD Kota Pariaman Siap Fasilitasi Desa Dirikan BUMDes

Selasa, 21 September 2021 | 22:10 WIB

PLN Mobile Goes to School di MAN 1 dan 2 Bukittinggi

Selasa, 21 September 2021 | 11:47 WIB

Pembangunan Reservoar di Pariaman Dimulai

Selasa, 21 September 2021 | 11:28 WIB

Excavator Rusak di TPS Pariaman Belum Tersentuh Perbaikan

Selasa, 21 September 2021 | 10:03 WIB
X