Dampingi Pemnag Kelola Dana Desa

- Senin, 9 Februari 2015 | 19:28 WIB

Ia mengatakan, pemerinta­han nagari memang memer­lukan pendampingan untuk mengelola dana desa yang bersumber dari Anggaran Pen­dapatan Belanja Negara (APBN). Meski ada petunjuk teknis atau petunjuk opera­sional, diperlukan juga pen­dam­pingan agar tidak salah dalam menterjemahkan pe­tunjuk yang ada.

“Sementara pendampingn dari PNPM pada 31 Desember 2014 lalu telah diputus, jadi tidak ada pendamping di ke­camatan. Oleh sebab itu di­per­lu­kan pendampingan dari pe­me­rintah kabupaten,” katanya.

Kabupaten Pesisir Selatan dapat alokasi dana desa Rp30 miliar tahun 2015. Dengan adanya dana desa tersebut, maka total dana yang bakal diterima seluruh desa (nagari, red) mencapai Rp78,5 miliar.

Kepala BPM, KB, PPr dan Anak Pessel Mawardi Roska menyebutkan, dana untuk desa itu sudah dapat direalisasikan pada tahun ini di nagari. Terjadi peningkatan dana dibanding tahun lalu ntuk nagari tahun depan, tambahannya mencapai seratus persen.

“Jumlah dana untuk desa dari APBN sebesar Rp30 mi­liar, Dana Alokasi Umum Nagari tetap dianggarkan de­ngan jumlah Rp38 miliar dan dana stimulus Rp4,5 miliar,” katanya.

Sementara terkait jumlah dana dari APBN yang bakal diterima masing-masing na­gari Mawardi Roskan menye­butkan, sangat tergantung pada sejumlah kriteria. Misalnya luas wilayah, jumlah pen­du­duk, topografi dan lain lain. “Jadi tidak dibagi rata setiap nagari. Nagari yang banyak memenuhi kriteria, tentu akan lebih banyak menerima dana dari APBN tersebut,” katanya menjelaskan.

Disebutkan Mawardi Ros­ka, jumlah nagari di Pesisir Selatan 182. 182 merupakan hasil pemekaran nagari induk. Pemekeran periode pertama dari 37 nagari mekar menjadi 76 nagari. Selanjutnyanya setelah Perda direvisi ratusan nagari mekar.

“Total nagari kini men­capai 182 nagari. Angka ini nyaris menyamai desa lama. Pemekaran yang terbesar bera­da di bagian selatan Pesisir Selatan, kemudian dibagian utara. Kedua duanya dalam konteks formal dipicu oleh keinginan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Namun pada prinsipnya muatan yang di usung masing masing wilayah tentu akan berbeda,” katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Nama Mencuat Jabat Sekdakab Solok Selatan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:29 WIB
X