Musrenbang Desa di Pariaman Utara Selesai

- Selasa, 10 Februari 2015 | 19:05 WIB

“Memang ada tiga pokok persoalan yang dibahas dalam musrenbang, sejak dari  renca­na pembangunan fisik di ling­kungan desa atau kelurahan, bidang ekonomi dan sosial budaya. Namun paling banyak mengemuka adalah mengenai program program sosial eko­nomi,” kata Camat Pariaman Utara Yakirman, kepada Ha­luan, Selasa (10/2).

Kegiatan musrenbang tera­khir itu di desa Sikapak Timur. Namun dari 17 desa/kelurahan yang ada di kecamatan terse­but, baru sekitar 7 desa yang memberikan laporan ke keca­matan mengenai hasil musren­bang desa yang dilaksanakan desa bersangkutan.

Terkait hal ini, desa-desa yang belum memberikan lapo­ran hasil musrenbangnya ke kecamatan paling lambat mi­ng­gu depan sudah harus selesai dan berada di kantor keca­matan. Karena dari Mus­ren­bang tingkat desa, kegiatan akan berlanjut ke tingkat kec­amatan. Dijelaskan camat, usu­lan mengenai per­baikan irigasi di lokasi pertanian masya­rakat, terus ada, seperti untuk meningkatkan pem­ba­ngunan irigasi terknis, termasuk pe­ning­katan saluran dari saluran tanah menjadi permanen. Se­bab wilayah Kecamatan Paria­man Utara juga punya perta­nian padi sawah, selain tana­man perkebunan, coklat, pis­ang dan ubi kayu.

Musrenbang tingkat keca­matan menurut Yakirman, akan digelar pada minggu ke tiga bulan Februari ini, tempat kegiatan direncanakan di ka­n­tor camat setempat dan ber­bagai kegiatan sedang  dilaku­kan, diantaranya menghubungi nara sumber ke stake holder terkait. Musrenbang itu akan digelar sehari penuh.    Tentang hasil musrenbang tingkat desa yang melaju ke tingkat kota tahun sebelumnya, realisasi kegiatan tersebut di tengah-tengah masyarakat, hanya men­capai 50 persen, termasuk pem­benahan jalan lingkung, perbai­kan irigasi untuk pe­ning­katan ekonomi masya­rakat.(h/tri)

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Nama Mencuat Jabat Sekdakab Solok Selatan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:29 WIB
X