Mantan Pimpinan Dewan Belum Kembalikan Mobnas

- Selasa, 10 Februari 2015 | 19:32 WIB

Pantauan Haluan di lapangan, kendaraan dinas milik unsur pimpinan DPRD periode sebelumnya itu, masih lalu lalang di jalan raya Pasaman Barat. Anehnya, kendaraan tersebut tidak menggunakan plat nomor polisi merah lagi, melainkan berganti dengan nopol hitam.

Pengendaranya pun tidak lagi mantan anggota DPRD itu, melainkan dipakai istri dan anaknya. Sementara unsur pimpinan dewan yang umumnya duduk kembali sebagai anggota DPRD Pasbar periode 2014-2019, sudah memiliki kendaraan dinas baru pula.

“Kita warga jadi bertanya-tanya, mobil unsur pimpinan DPRD lama masih dipakai eh yang bersangkutan. Padahal sudah memiliki mobil dinas yang baru,” kata Ipen, salah seorang warga Pasaman Barat.

Soal kendaraan dnas yang belum dikembalikan unsur pimpinan DPRD periode lalu itu, diakui pihak Sekretariat DPRD. Menurut salah seorang staf sekretariat, surat permintaan untuk mengembalikan aset daerah sudah disampaikan. Tetapi realisasinya tidak ada.

“Ya benar, setahu saya sudah dikirim surat penarikan aset pada yang bersangkutan. Surat itu langsung ditan­datangani bupati, tapi kendaraan dinas itu belum juga dikembalikan,” kata salah seorang pejabat di Sekretariat DPRD yang meminta namanya tidak dituliskan.

Disampaikannya, jauh hari sebelum pelantikan anggota DPRD periode sekarang, mereka yang memegang mobnas sudah diingatkan untuk segera mengembalikan aset tersebut. Tapi, hanya segelintir yang mengembalikan dengan cepat. Bahkan setelah beberapa kali dilayangkan surat penagihan, tidak dihiraukan.

“Sebenarnya, itu aset Pemda, jadi orang aset lah yang lebih berhak melakukan tindakan tegas atas perintah bupati. Ya mungkin, umumnya unsur pimpinan yang lama kan sekarang duduk lagi, dan menjadi unsur pimpinan juga,” sebutnya pula.

Unsur pimpinan DPRD Pasbar periode sebelumnya, Yulianto yang menjabat Ketua DPRD saat itu, saat dikonfirmasi tidak dapat dihubungi. Sedangkan Syamsul Bahari yang menjabat wakil ketua begitu juga, telepon genggamnya tidak aktif.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Bupati Agam: Masjid Nurul Islam Jadi Cahaya Masyarakat

Kamis, 23 September 2021 | 14:12 WIB
X