PLTMH 5,09 MW Akan Dibangun di Batanglubu

- Kamis, 12 Februari 2015 | 19:28 WIB

PLTMH sangat mem­ban­tu untuk memecahkan perm­a­salahan krisis energi, terutama defisit penyediaan energi lis­trik di Pasaman.

Bupati Pasaman Benny Utama menyebutkan, pengem­bangan sumber energi ter­barukan sudah menjadi kebi­jakan pemerintah daerah se­tempat.

“Kabupaten Pasaman ba­nyak potensi untuk lokasi pembangunan PLTMH. Se­suai kebijakan Rencana Pem­bangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Pasaman tahun 2010- 2015, mem­prio­ritaskan pengembangan energi alternatif dan juga EBT,” jelas bupati.

Pengembangan PLTMH, selain menyediakan energi listrik terbarukan, tentunya akan membuka peluang kerja bagi masyarakat lokal.

Saat ini, Kabupaten Pasa­man memiliki 18 unit Pusat Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dengan kapasitas 302,6 KW dan mampu mene­rangi rumah masyarakat 1485 unit. Selain PLTMH, juga ada Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga keca­matandengan kapasitas 35 kW menerangi 164 rumah.

Kadis ESDM Kabupaten Pasaman, Hasrizal, menam­bahkan, kontribusi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) terhadap ratio elektrifikasi sebesar 1,7 persen. Dia mem­benarkan adanya rencana pem­­­­bangunan PLTMH di Batanglubu di Tanjungbotung Jorong VIII Nagari Koto­no­pan. Pengem­ba­ngan­ PL­T­MH­Batanglubu dirancang oleh PT Ombilin Hidro Energi yang telah dipresentasikan oleh pihak perusahaan kepada Pem­­­kab Pasaman.

Dalam survei awal disebut­kan, hulu sungai Batanglubu berasal dari anak-anak sungai di sekitar dan Sungai Lamote Sumut. Untuk catchment area Batanglubu berada di Hutan Lindung. Kondisi sungai cu­kup jernih pada saat hujan dan tingkat erosi serta sedimentasi rendah.

Kepala Ranting PLN Lu­buksikaping Joko Susilo me­n­yambut baik rencana pem­bangunan PLTHM oleh reka­nan swasta tersebut. Jika ren­cana tersebut sukses, ma­ka keberadaan PLTMH Batang­­lubu sudah men­cukupi kebu­tuhan energi listri dae­rah Pan­ti-Tapus- Rao. “Dae­rah utara Pasaman itu kebu­tuhan lis­triknya sekitar 4,5 Mw. Jadi, PLTMH Batang­lubu sangat membantu pasokan listrik di daerah utara tersebut,” kata Kepala Ranting PLN Lubuk­sikaping Joko Susilo. (h/col).

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Buruan, Pendaftaran Calon Uda Uni Solsel Sudah Buka

Jumat, 24 September 2021 | 19:12 WIB

Camat di Padang Pariaman Diminta Tingkatkan PRDB

Jumat, 24 September 2021 | 12:12 WIB
X