Longsor Timbun Jalinsum di Silungkang

- Kamis, 12 Februari 2015 | 20:01 WIB

“Tidak ada pilihan, kami harus pulang malam ini, jadi harus memutar ke Batu­sang­kar,” ujar Yeni (28), salah seorang warga Kecamatan Ba­ra­ngin Kota Sawahlunto ke­pada Haluan.

Berbeda dengan Yeni, Das­ril Munir (60) harus rela ter­ku­rung macet. Pasalnya, Di­rek­tur BPR Syariah Gajah Tongga Silungkang itu, terku­rung di kawasan perbatasan Sawahlunto Solok.

Mau bagaimana lagi, ung­kap mantan dosen UPI YPTK Padang itu. Dirinya harus menunggu proses penanganan dari pihak penang­gulangan bencana. Sebab, terlalu jauh untuk memutar melalui Ka­bupaten Tanahdatar.Camat Silungkang, Is­mu­nan­­dar melalui telepon geng­gamnya menga­takan dalam pendataan. Dari infor­masi yang dihimpunnya, Bapak tiga anak itu mengaku ada beberapa rumah yang terkena longsor.

“Informasi yang saya terima ba­nyak rumah yang terkena longsor. Namun akses menuju kawasan terse­but belum dapat ditembus, sebab hujan masih sangat deras,” ungkapnya.

Sebuah mobil jenis pick up tertimbun lumpur tanah, yang long­sor di ruas Lintas Sumatera, kawasan Dusun Pasar Usang Desa Silungkang Tigo Kecamatan Silungkang.

Pohon kayu dengan berbagai ukuran melintang jalan, yang mem­buat jalan macet mengular hingga beberapa kilometer dari kedua arah, baik dari arah Solok maupun dari Sawahlunto.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf yang terjun langsung ke lokasi long­sor menginstruksikan pembukaan jalan sebagai prioritas. Setidaknya, sebagian ruas jalan mulai terbuka, sekitar pukul 22.30 WIB.

“Hingga saat ini, dari laporan yang saya terima tidak ada korban jiwa. Kita fokuskan untuk membuka jalan, sehingga dapat mengurai kemacetan yang terus memanjang di kedua arah,” ungkap Ali Yusuf kepada Haluan, di lokasi longsoran.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Genius Umar Tinjau Proyek Infrastruktur di 3 Desa

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:38 WIB

Ini Pemenang Desain Batik Padang Pariaman

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Update Covid-19 di Bukittinggi, Satu Meninggal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:19 WIB

Gratifikasi yang Mesti Dipahami ASN

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:17 WIB

Wako Padang Panjang: Jadilah Pemuda yang Serba Bisa

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:06 WIB
X