Longsor Juga Rusak Rumah Warga

- Jumat, 13 Februari 2015 | 19:59 WIB

Sampai saat ini akses jalan menuju dusun Sungai Cacang dan Sawah Darek Silungkang Oso masih tertimbun longsor sehingga mobil belum bisa lewat, namun tengah diu­pa­yakan menggunakan alat berat dari PU untuk mem­bersihkan reruntuhan longsor tersebut.

“Dari semalam, semua kekuatan bantuan telah dike­rahkan untuk membantu mem­­buka jalan serta mem­bersihkan rumah masyarakat yang tertimpa longsor dan banjir, baik dari Dinas Peker­jaan Umum,Badan Kesatuan bangsa dan Peanggulangan Benana Daerah BPBD, Ta­gana, termasuk masyarakat sendiri’’ ungkap Ismunandar.

Dari kejadian yang menimpa, Alhamdulillah tidak terdapat kor­ban jiwa dan tidak ada masyarakat yang direlokasi. Sementara rumah dan jalan yang terkena longsor dan banjir telah diupayakan oleh warga dengan bergotong royong’’sebutnya lagi

Salah satu rumah yang terendam banjir adalah rumah dan tempat praktek Dr Lussy Dewina, Kepala Puskesmas Silungkang. Ia tak sem­pat menyelamatkan benda dan pera­botan rumahnya kala banjir mulai menggenangi rumahnya.

“Ketika terjadi air besar yang masuk ke rumah, ia tengah bersama tiga orang anaknya dan satu orang asisten rumah tangga. Saat hendak membuka pintu tiba tiba air besar menerjang masuk mendobrak pin­tu’’ kata Lussy kepada Haluan.

Air yang datang itu berasal dari aliran air Bukit Talago yang volu­menya tidak tertampung oleh selo­kan yang ada. Kejadian yang begitu cepat membuat sok anak-anaknya. Akan tetapi, ia tetap beru­saha untuk menyelamatkan diri keluar dan naik ke lantai dua rumah. Karena air tiba tiba datang, mereka tidak sempat menyelamatkan peralatan dan per­lengkapan rumah lainnya karena lebih fokus menyelamatkan diri dan anak anak’’tuturnya.

Dr Lussy manambahkan untuk kerugian belum dapat ditaksir.

Sementara itu Saharudin (61) warga Simuntuang Silungkang Oso sudut rumahnya terkena longsoran tebing. ”Alhamdulillah. Untuk hanya sudut rumah saja yang terkena dan tidak masuk sampai ke ru­mah’’ ungkapnya kepada Haluan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Sumbar Butuh Tambahan Vaksin Covid-19

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:40 WIB
X