Rapat-rapat Rahasia DPRD Boleh Digelar di Hotel

- Senin, 16 Februari 2015 | 19:44 WIB

Di samping rahasia, kata Samsurizal, kegiatan itu diper­kuat dengan SK Ketua DPRD dan didukung pula dengan kenyataan jarak antara kantor DPRD dengan tempat tinggal anggota dewan sangat jauh.

“Boleh saja rapat itu dila­kukan di hotel sepanjang rapat itu bersifat rahasia dan jarak tempat tinggal anggota DPRD dengan kantor sangat jauh,” kata Syamsurizal.

Dia menyadari sepe­nuh­nya, kalau tujuan pelarangan itu merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk meng­hemat anggaran.

Itu artinya, sepanjang rapat itu lebih hemat dan lebih efisien jika dibandingkan de­ngan rapat di kantor sendiri atau membangun tenda, maka rapat di hotel sangat diper­bolehkan.

Di samping masalah efi­siensi, masalah efektifitas juga menjadi faktor penentu boleh atau tidaknya rapat digelar di hotel. Kenyataan selama ini, karena  jarak antara kantor DPRD dengan tempat tinggal anggota dewan sangat jauh, maka seringkali pelaksanaan rapat di gedung DPRD tak berjalan efektif.

“Pelaksanaan rapat akan sering tertundur-undur karena banyaknya anggota dewan yang datang terlambat. Rapat yang seharusnya selesai dalam satu hari, justru baru selesai setelah seminggu. Rapat yang sering molor seperti ini justru sangat memboroskan angga­ran,” tukas Syamsurizal. (h/eri)

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Nama Mencuat Jabat Sekdakab Solok Selatan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 23:29 WIB
X